Saturday, February 4, 2012

Midnight Sun 3

Hola-Hola...

lanjuuuut : Satu adalah diriku, atau lebih cocok: monster bermata merah yang telah membunuh
banyak orang. Membenarkan pembunuhan itu. Algojo para pembunuh yang membunuh
sesamanya, para monster yang tidak terlalu berbahaya. Itu memang berlagak seperti Tuhan;
kuakui itu—memutuskan siapa yang pantas dihukum mati. Cuma itu pembelaan lemahku.
Aku telah merasakan darah manusia, tapi hanya secara harafiah. Semua korbanku, tidak lebih manusia daripada ku.

Wajah yang lain adalah Calisle.
Tidak ada kemiripan diantara keduanya. Bagai terang dan langit gelap.
Tak ada alasan untuk mirip. Carlisle bukan ayah biologisku. Kami tak memiliki ciri-ciri
serupa. Kesamaan warna kulit cuma kekhasan untuk mahluk seperti kami; setiap vampir
memiliki kulit pucat sedingin es. Kesamaan warna mata adalah hal yang lain—cermin dari
gaya hidup bersama.
Tetap saja, walau tanpa kemiripan dasar, wajahku telah mencerminkan dirinya, sampai
tingkat tertentu, setelah tujuh puluh tahun berhasil mengikuti pilihan hidupnya.
Penampakanku tidak berubah, tapi sepertinya kebijakannya telah membentuk diriku.
Kasihnya terlihat pada bentuk mulutku. Kesabarannya terlihat pada alisku.
Semua itu kini tergantikan oleh sosok monster. Dalam sekejap, tidak ada yang tersisa dari jejak penciptaku, guruku, ayahku dalam segalanya. Mataku akan semerah iblis; segala kemiripan akan lenyap selamanya.
Dalam pikiranku, mata lembut Carlisle tidak menghakimi. Aku tahu ia akan memaafkan tindakan mengerikanku. Karena dia menyayangiku. Karena pikirnya aku lebih baik dari itu. Dan ia akan tetap menyayangiku, bahkan setelah kutunjukan dia salah.
Bella Swan duduk di sebelahku, gerakannya canggung—agak takut? Bau darahnya mengembang dalam gumpalan awan yang tidak dapat ditolak lagi.
Akan kubuktikan ayahku salah. Kenyataan ini sama menyakitkannya dengan api yang
membakar kerongkonganku.
Aku menjauh darinya—memberontak dari monster yang ingin segera menerjangnya.
Kenapa dia harus datang? Kenapa dia harus hidup? Kenapa dia harus merusak setitik
kedamaian dari ke tak-hidupanku? Mengapa pengganggu ini dilahirkan? Dia akan
menghancurkanku!
Aku membuang muka. Tiba-tiba kebencian meliputiku.
Siapa mahluk ini? Kenapa aku, kenapa sekarang? Kenapa aku mesti kehilangan
segalanya hanya karena ia kebetulan memilih tinggal di kota ini?
Kenapa ia harus datang kesini!
Aku tidak mau menjadi monster! Aku tidak mau membunuh seisi kelas ini! Aku tak ingin kehilangan segala yang berhasil kuraih lewat pengorbanan dan penyangkalan seumur
hidup!
Aku tidak mau. Dan dia tidak bisa memaksaku.
Bau adalah masalahnya, bau mengundang darahnya. Jika ada cara melawannya...jika
saja sapuan angin segar menjernihkan pikiranku.
Tiba-tiba Bella Swan menggerai rambut panjangnya yang berwarna mahoni
kesampingku.
Apa dia gila? Itu sama dengan menyemangati sang monster! Menggodanya.
Tidak ada lagi hembusan yang bisa mengusir wanginya. Sebentar lagi semua akan
hilang.
Tidak, tak ada lagi angin yang membantu. Tapi, aku tidak harus bernapas.
Kuhentikan aliran udara di paru-paruku; sedikit lega, tapi masih jauh dari aman. Aku
masih memiliki ingatan aromanya, rasanya di belakang lidahku. Aku tidak mampu
menahannya terlalu lama. Tapi mungkin bisa untuk satu jam. Satu jam. Cukup untuk keluar
dari ruangan penuh korban ini. Korban yang tidak seharusnya jadi korban. Jika aku bisa
mehannya selama satu jam.
Ini tidak nyaman, tidak bernapas. Tubuhku tidak memerlukan oksigen, tapi itu
berlawanan dengan instingku. Aku mengandalkan penciuman lebih dari indra lainnya ketika
tertekan. Jadi penuntun ketika berburu. Itu adalah alarm awal ketika muncul bahaya. Aku
belum pernah menemui situasi yang sangat berbahaya, tapi kewaspadaan kami melebihi
manusia.
Tidak nyaman, namun dapat diatasi. Lebih dapat ditahan daripada mencium baunya
tanpa menenggelamkan gigiku pada kulitnya yang tipis, tembus pandang, menggiurkan, dan
kemudian merasakan basahnya, hangatnya, denyut—
Satu jam! Hanya satu jam. Aku tidak boleh memikirkan itu.
Gadis itu membiarkan rambutnya melewati bahu. Aku tidak bisa melihat wajahnya,
untuk membaca emosinya lewat mata jernihnya yang dalam. Apa itu alasannya menggerai
rambut? Menyembunyikan matanya dariku? Karena takut? Malu? Untuk menyimpan
rahasianya?

Namun kejengkelan karena tidak mampu membaca pikirannya tidak sebanding dengan
kebutuhan—dan kebencian—yang melanda kini. Betapa bencinya aku pada wanita lemah
kekanakan disampingku ini. Membencinya dengan segenap rasa, sebesar seluruh tekadku,
kecintaanku pada keluaragaku, anganku untuk menjadi lebih baik... Membencinya.
Membenci bagaimana ia membuatku seperti ini—itu sedikit membantu. Ya, kemarahanku
tadi masih kurang, tapi itu membantu. Jadi sebaiknya fokus pada emosiku agar tidak
membayangkan mencicipi dia...
Benci dan marah. Gusar. Apa satu jam akan lewat?
Dan ketika satu jam berakhir... ia akan meninggalkan ruangan. Lalu apa yang
kulakukan?
Aku bisa memperkenalkan diri. Hai, namaku Edward Cullen. Boleh kutemani ke kelas
berikutnya?

Dia akan mau. Itu sesuatu yang sopan. Meskipun takut, ia akan mengikuti. Cukup
mudah menyesatkannya. Batas luar hutan tidak jauh dari parkiran. Aku bisa beralasan
ketinggalan buku di mobil...
Apakah ada yang menyadari aku bersamanya? Sekarang hujan, seperti biasa, dua orang
bermantel berjalan di parkiran tidak akan mencurigakan.
Kecuali aku bukan satu-satunya yang seharian ini memperhatikan dirinya—meskipun
tidak seorangpun sewaspada diriku. Mike Newton, terkecuali, dia cukup penasaran dengan
kegelisahan Bella—dia tidak nyaman di dekatku, seperti yang lainnya, sebelum aromanya
merusak segalanya. Mike Newton akan tahu jika dia pergi denganku.
Jika mampu satu jam, bisakah dua jam?
Kusentak rasa terbakar yang perih ini.
Dia akan pulang ke rumah kosong. Sherif Swan bekerja seharian. Aku tahu rumahnya,
seperti kutau setiap rumah disini. Rumahnya di pinggir hutan. Tanpa tetangga. Bahkan jika
sempat berteriak, yang sangat mustahil, tidak akan ada yang mendengar.
Itu cara yang lebih bertanggung jawab. Aku tahan puluhan tahun tanpa darah manusia.
Jika menahan napas, aku bisa tahan dua jam. Dan saat ia sendirian, tidak ada orang lain yang
terluka. Dan tidak perlu terburu-buru menikmatinya, monster di kepalaku setuju.
Meskipun aku membenci dirinya, aku tahu itu tidak beralasan. Aku tahu yang kubenci
sebenarnya adalah diriku sendiri. Dan aku akan lebih membenci kami berdua ketika ia mati.

Kulewati menit demi menit dengan cara ini—membayangkan cara terbaik
membunuhnya. Tapi aku menghindari bayangan saat mengeksekusinya. Itu terlalu
berlebihan. Aku bisa kalah dan membunuh semuanya sekarang juga. Maka aku membuat
strategi, tidak lebih. Dengan begitu satu jam akan berhasil kulalui.

Di penghujung, dia mencuri pandang lewat celah rambutnya. Kebencian mendalam
langsung menusukku ketika pandangan kami bertemu—melihatnya di pantulan matanya yang
ketakutan. Darah memerah di pipinya, dan aku sudah akan bergerak.
Tapi bel berbunyi. Selamat karena bel—Klise. Kami berdua sama-sama selamat. Dia,
dari kematian. Aku, walau hanya menunda, dari perubahan menjadi mahluk mengerikan yang
menjijikan.
Aku tidak berjalan sepelan semestinya ketika meluncur keluar. Mungkin mereka akan
curiga ada yang tidak beres dengan gerakanku. Tapi tidak ada yang memperhatikan. Semua
masih berkutat pada gadis yang telah dikutuk mati satu jam lagi.
Aku bersembunyi dalam mobil.
Sebenarnya aku tidak suka bersembunyi. Terlalu pengecut. Tapi ini pengecualian.
Aku sedang tidak tahan dekat-dekat manusia. Berkonsenstrasi untuk tidak mebunuh
satu orang membuatku ingin melampiaskannya ke orang lain. Betapa sia-sia. Jika menyerah
pada sang monster, sama saja kalah.
Kunyalakan CD yang biasanya menenangkan. Tapi efeknya cuma sedikit. Yang
kubutuhkan adalah udara bersih, basah, dan dingin, yang mengalir bersama rintik hujan.
Meskipun dapat mengingat bau darah Bella Swan dengan jelas, menghirup udara segar sama
seperti membilas organ tubuhku dari infeksi.
Kini aku kembali waras. Aku bisa berpikir. Dapat bertarung lagi, melawan apa yang
kutentang.
Aku tidak perlu ke rumahnya. Tidak perlu membunuhnya. Jelas, aku mahluk rasional, dan punya pilihan. Selalu ada pilihan.

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.