Thursday, August 2, 2018

TENTANG MEREKA (Part Tiwi Jiarni)


Seseorang waktu itu berkata, “Nid… Jangan pernah percaya 100 persen sama temen, siapapun temenmu itu. Bahkan termasuk aku, kamu jangan percaya aku juga yaaa” - Tiwil2018.



Kenalkan salah satu teman kampusku, namanya Tiwi Jiarni. Lahir di Pemalang tanggal 18 di bulan Agustus. Dia tuh cuma punya ibu, ayahnya sudah di surga dan aku salut dengannya yang setegar itu tanpa ayah di dunia ini. Aku sering kali bilang kalau dia mirip Ria Ricis, tapi gak pernah pada percaya deh, hmmmm yaudah… (*lanjut nyanyi lagu Nissa Sabyan). Seringkali, aku tuh gagal memahami tentangnya. Kita punya temen-temen geng berbeda, punya dunia berbeda, beda kost, beda kelas di perkuliahan, beda kesibukan, beda banyak deh pokoknya. Yang bikin heran tuh kenapa nyambung aja ya sama dia, hahaha.

Tiwi atau yang biasa kusapa dengan panggilan, “Wil.” Dimata seorang Nidake dia tuh kalem, dewasa, santai dalam segala hal :( kebalikannya sama aku dah ini mah, huhu. Dulu pas masih jaman-jamannya kost satu komplek beda gang, kita sering banget main bareng. Sering tengah malem ngerumpi depan kost, abis itu ke kucingan indraprasta yang baru buka jam 11 malem. Jalan kaki, lewatin rumah serem yang katanya pernah ada kejadian bunuh diri disana. Biasanya kita lari-lari gak jelas, cuma karena pengen banget makan, wkwkwk.

Jaman-jaman semester pertengahan. Mulai punya temen-temen beda, istilahnya sih kayak gengs gitu deh. Tiwil tuh temennya pinter-pinter semuaaaa dan aku gak cocok sih main bareng temen-temen Tiwil, yaudah… kita tetep temenan tapi gak sampe aku ikutan main juga ke geng dia. Rumit dah. Begitu juga aku, punya temen-temen sendiri yang emang satu kelas terus, kemana-kemana di kampus bareng, bahkan pas nunggu jam-jam kuliah selanjutnya juga bareng. Aku sama Tiwil kalau papasan di kampus, di lift, di warung deket kampus, di fc belakang kampus ya cuma say hi terus bye, wkwkwkwkwk.

Tiwil adalah salah seorang teman diluar semua hal tentang kuliah. Misalnya, kalau kita mau ke pasar johar bareng, belanja di ADA bareng, belanja online juga bareng, nganterin aku kesini kesitu dan sebaliknya juga bareng. Untuk hal-hal tertentu, kita menjadi dekat karena sama-sama anak rantau. Aku yang jarang pulang, begitupun dengan dia. Biasanya sih semua berawal dari akhir pekan saat teman-teman yang rumahnya dekat atau rumahnya daerah-daerah Semarang pada pulang.

“Wil… besok minggu free? Anterin kesini.”
“Wil, sabtu olahraga ya.”
“Wil, aku main kostanmu ya minggu.”
“Wil, anterin beli sepatu yuk.”
“Wil, besok ke situ yuk. Liat-liat.”
“Wil, anterin sih ke dokter gigi.”
“Wil, laper…”

Wil, Wil, Wil.

Kangen woy, Wil :(

Ingat gak pas kamu ajakin aku ke Jogja dadakan? Sebel sih, soalnya belom persiapan sama sekali. Untung aja budget yang kamu rencanain minim, jadi langsung cuss aja deh ikut.
Inget gak pas kita ke Jepara? Itu pertama kalinya aku nyetir jarak lumayan jauh pake motor loh, aku tuh sempet takut sama jalanan di Demak-Pati itu, apalagi pas hujan. Yaa tapi gak mungkin kamu terus yang nyetir, kan kasian pegel, wkwk.
Inget gak pas ada mba Rani, temennya Naya…. Kamu yang selalu Nid Nid Nid mulu ngajakin padahal aku seneng banget asliiii, sayangnya pas lagi capek-capeknya gara-gara sibuk, jadi kebawa mood deh. Tapi makasih loh udah kenalin temen-temen baru ke aku ^_^ hehehehe.
Inget gak tiap kali kita bosen terus ke Tembalang, cuma buat nyari makan doang. Abis itu pulang, unfaedah banget kan.
Inget juga gak yang selalu ngajakin belanja online sapa? Kamu tok, wkwk. Kamu yang selalu ngenalin tempat murah-murah ke aku, makanan enak yang murah, jajan enak yang murah, tempat hitz yang murah. Pokoknya kamu!
Kamu yang selalu jadi andalanku minta saran soal cinta-cintaan walau gak semuanya. Kamu yang selalu jadi andalanku minta saran soal dosen A B C, mata kuliah A B C. Kamu yang selalu bisa diandalkan wira-wiri buat nyari kerjaan sampingan, meski ujungnya gagal, hihi. Lucu aja, pengalaman yang sangat sangat sangat gak bakal aku lupain, wil.


2018, April. Tiwi memutuskan mengejar wisuda pada bulan pertengahan. Kuliah dengan 3,5 tahun doang diaaaaa, huh.
Antara seneng dan sedih. Seneng karena Tiwil seengaknya berhasil meraih apa yang udah jadi prinsip dia buat lulus cepet, seneng karena setidaknya Tiwil mampu banggain mamah dia, seneng karena setidaknya dia gak repotin orangtuanya lagi dengan lulus cepet, biaya pendidikan jadi hemat deh, hehe.
Bagian sedihnya, doi bakal out dari Semarang secepat itukah? Terus ntar yang nemenin aku siapa deh ini… yassalam. Sempet sedih waktu itu tuh. Sampe perpisahan aja jujur pengen nangis loh Wil oooee, kalau baca jangan ngetawain aku please. Serius pengen nangis kehilangan satu lagi seorang temen deket di Semarang.

Ni bocah suruh kerja di Semarang aja gamau, kan sebel, wkwkwk. Karepmu dah. Dan yeah sih, jujur kita punya awal temu juga selalu punya perpisahan, tapi itu bukan akhir kok. Masih ada suatu saat nanti bakal ketemu lagi, dan satu-satu harapku ya cuman: Semoga pas kamu nikah aku bisa hadir disana, aaamiiin!
Pada akhirnya, kita masing-masing bakal punya masa-masanya tersendiri. Masa kita udah lewat, harus punya kehidupan baru sendiri, entah jalan apa yang kita ambil.

Wil, makasih udah mau jadi seseorang yang sekalem itu buat ngadepin aku. Makasih sudah bersedia menjadi temanku yang mengajarkan banyak hal. Wil… makasih banyak sudah menjadi dirimu yang apa adanya. Makasih sudah bantuin Nidake melewati masa-masa krisis skripsi saat kamu sudah out dari semarang dengan tetap membalas pesanku secara sabar dan tips-tips bergunamu. Waktu-waktu aku salah, waktu-waktu mood ku jelek, waktu-waktu aku lupa soal janjiku, makasih sudah menjadi pengingatku tentang banyak hal wil.

Kadang aku pernah penasaran, kenapa kita dipertemukan. Kadang aku pernah merasa rindu tentang kita yang dulu. Banyak hal-hal yang selalu jadi rahasia, teman-teman yang punya banyak masa lalu, teman-teman yang selalu menjatuhkan, teman-teman yang bisa mengajak pada sesuatu yang negative. Aku banyak belajar tentang orang-orang dari pengalamanku selama 4 tahun di tanah rantau ini. Tapi intinya, kamu itu seseorang yang baik juga tulus, yang mungkin kita  diperkenalkan untuk saling belajar dari pengalaman masing-masing agar bisa saling berbagi.

Wil, kuharap semoga kamu bisa menemukan impianmu. Bisa menjemput doa-doamu. Bisa meraih apa yang sedang kamu perjuangkan dimasa-masa sekarang ini, dimanapun kamu. Sejauh apapun kamu dan aku melangkah dengan tak lagi kita ada di perjalanan yang sama, teruslah dari jauh kita saling mengejar impian-impian yang sudah kita rancang.
The gank
Wil… suatu saat, jangan lupain aku ya. Jangan lupa untuk mengirimkan kabar-kabar baikmu. Jangan lupa untuk menghubungiku duluan jika aku lupa untuk menghubungimu. Jangan putus kontak denganku, ya.
Teruslah melangkah sejauh mana kau mampu, Wil.  Raih impianmu, setinggi apapun itu.
Terimakasih sudah membaca postingan ini. Salah satu janjiku sudah terpenuhi, yay. Aku menulis dengan segenap hati, loh. Dan bahkan dengan ‘gaya bahasaku’ sendiri, wkwkwk.

Wil, semoga sukses!!!
See you.

Dari sahabatmu dimasa kuliah, 2018.
Nidake

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.