Saturday, February 22, 2014

UJIAN PRAKTEK SMANDA 2014

Selamat Malam. Karena hari ini aku gak punya kegiatan, lebih baik aku bayar hutang menulis sajalah ^-^

Sebagian besar anak-anak kelas XII SMAN 2 Kota Serang, Sabtu 22 Februari 2014 baru saja selesai melakukan Ujian Praktek. Well, ujian ini merupakan salah satu tahap yang harus kita lewati untuk memiliki Ijazah bersetifikat 'LULUS', begitulah...

Aku mau menceritakan sedikit pengalaman suka duka Uprak 2014 dalam sudut pandang aku sendiri nih. Sama seperti tulisan sebelum-sebelumnya. Mungkin gaya penulisan ini gak beda jauh hahah >,<

Uprak? Saat pertama dapat jadwal ujian praktek. Anak-anak kelas aku heboh. Ada juga sih yang belum tau jadwalnya apa aja, aku aja baru tau setelah kita iseng-iseng ngobrol. Secara otomatis cuma bisa ngomong, "Emang jadwal udah di bagiin? kapan?" hahahah

Jadwal yang lama
Jadwal yang baru

Kelas IPS 6 dapat jadwal dari hari Senin - senin-nya kemudian. Jadi tuh kita delapan hari uprak-nya. Karena awalnya hari Rabu libur, yang ujung-ujungnya gak jadi libur sih. Entah kenapa. Jadi deh kita dapet jadwal baru lagi. Gak berbeda jauh dari jadwal pertama, tetap sama. Berakhir pada senin juga. Padahal, anak-anak IPA udah selesai semua hari Sabtu :(

Nih kronologisnya: 

Senin, 17 Februari 2014
Kelas aku cuma ada jadwal uprak Agama. Jam terakhir. Di mulai dari pukul 13.30 - 16.00. Aku berangkat habis sholat Dzuhur di rumah. Berhubungan dengan gak makan dan gak minum. Biasanya kan panas kalau masuk siang, tapi entah kenapa keringat gak mau keluar. Alhasil gak lengket-lengket gitu deh XD

Ruang uprak Agama di Masjid bawah. Tapi selesai sholat dzuhur, masjid dipakai buat rapat orang tua, kayaknya sih kelas XI. Aku aja ketemu papahnya sepupu aku yang duduk di kelas XI. Dan lagi, gak mungkin kelas XII, aku gak dapet surat apapun tuh. 

Alhasil, pak Asep sama pak Sehu -guru agama kelas XII dan XI- yang jadi juri penilai memutuskan melakukan tes uprak di ruang mulmed (Multi Media).

Materi yang di ujikan: 
  • Hafalan atau membaca ayat Al-Quran berdasarkan kelompok (per-absen)
  • Mengetahui tajwid atau tanda baca ayat tersebut
  • Sholat Fardu, Subuh
  • Sholat Jenazah
Sebenarnya gampang aja sih ya. Selow banget malahan. Untuk surat dan tajwid-nya alhamdulilah aku lolos. Gak di tanya tajwid padahal mah. Beberapa orang di tanya kok, beberapa tidak. 

Untuk hafalan sholat. Doa Qunut dan semua doa sholat jenazah di hafal. Ada juga loh yang sampe sekarang belum hafal doa Qunut, lagi pula itu kan sunah bukan wajib. Tapi gapapa juga kok, sejujurnya agama tuh kayak 'yang penting ikut uprak' hafal gak hafal di lulus-in aja. Nilai sama semua XD

Cuma sekedar acara formalitas doang >,< Ohiya, akhir kata untuk hari senin. Pulangnya cepet banget, kecepetan malahan wkwk, baru satu jam-an udah langsung selesai. Pulang dari Uprak Agama, Aku dan beberapa teman ke Royal buat beli keperluan Uprak Senbud (Seni Budaya) yang buat parcel itu. 

Dan satu hal lagi, aku kehilangan tempat pensil kecil warna orange di ruang mulmed :( Whoaaaah... Itu tempat pensil yang isinya kesayangan semua. Mulai dari pensil pentel, penghapus, isi pulpen dan pulpen-nya :( Syediiiiihnya sih. Yang menemukan tolong kembalikan ke Nida.

Kamis, 20 Februari 2014
Hari kedua dan ketiga, Selasa dan Rabu, Kelas 12 IPS 6 gak dapat jadwal. Alhasil kita meliburkan diri di rumah wkwk~

Eits... Kata siapa semua siswa 12 IPS 6 meliburkan diri? Beberapa datang ke sekolah cuma buat merevisi tugas Sosiologi kok. Sama aja bohong -__-

Langsung ke hari Kamis. Kita dapet jadwal dari jam 07.30 - 16.00. Pertama, Bahasa Arab dan kedua, Bahasa Inggris. 

Bahasa Arab, 07.30 -10.30, yang di ujikan: 
  • Hafalan percakapan, meliputi: nama, asal sekolah SMP, sekolah SMA, alamat, hobby, cita-cita. 
  • Hafalan 50 kosa kata, nama-nama barang, sifat, dkk di sekitar sekolah. 
Penguji-nya bu Siti Marsitoh dan Pak Mahdi. Bu Siti, guru bahasa Arab kelas 12 dan Pak Mahdi guru bahasa Arab kelas 11, yang sekarang Pak Mahdi kalau gak salah ganti profesi dari guru bahasa Arab ke guru PAI (Pendidikan Agama Islam) di kelas 11. 
Kita hafalan percakapan terlebih dahulu sama Bu Siti Marsitoh baru deh hafalan kosa kata itu sama Pak Mahdi. Alhamdulilah lolos dua-dua-nya. 
Biasanya kalau hafalan kosa-kata suka linglung sendiri. Mikir, "Ini tadi udah gue sebutin belum sih? Terus apalagi ya?" Suka bingung gitu deh hehe. Akhirnya aku sama Intan sepakat buat tanya ke Pak Mahdi, apakah boleh liat catatan? Tapi teks Indonesianya aja, jadi kita tinggal nyebutin apa sih bahasa Arabnya nama yang tertera di teks haha. Alhamdulilah boleh. Lancar deh segala-nya itu :p

Lanjut ke Bahasa Inggris, di percepat. Dari pukul 12.30-15.00, yang di ujikan: 
  • Pembacaan teks berita. 
Udah sih cuma satu doang XD Tapi kita punya tugas satu lagi~ yang diminta buat review film. Review ini nanti di buat sendiri, durasi gak boleh kebesaran, pakai power point, di kumpulkan dalam satu fd (flash disk) dan perkelompok.

Untuk pengujinya: Miss Lina dan Miss Neli. Guru bahasa Inggris kelas 12 dan 11 untuk tahun ini ataupun tahun lalu, guru yang sering ngajar di kelas aku. Miss Maya. Gak ikutan kayak-nya, mungkin bukan jadwalnya Miss Maya. 

Sistem-nya untuk bahasa Inggris. Jadi yah, masuk ke dalam ruang tes Uprak 10 - 10 atau 11-11. Per absen. Aku kebagian kloter pertama. Karena aku absen 06. Dari Abdul Aziz sampe Dede Ayub.

Dan itu belum tentu yang absen pertama maju duluan, nanti di panggil secara acak. Saat aku baru aja mau ngafalin ulang. Tiba-tiba Miss Lina menyebut nama aku pfffft. Maju pertama :o

Tangan sampe bergetar gitu saking deg-deg-annya wkwk lebay banget. Ada layarnya juga sih. Semacam infokus, video kecil 'Seputar Indonesia' eh-heh. Ternyata Seputar Indonesia LoL. Jadi, gak boleh VoA, Liputan 6 atau apa kek. Layarnya aja Seputar Indonesia. Aku hampir salah nyebutin hal ini nih.

Suasana tes~ Kloter pertama


Alhamdulilah lancar. Selesai tes ini, langsung pulang ^-^

Jum'at, 21 Februari 2014

 Di mulai pada pukul 07.30 - 11.00. Jadwal hari Jum'at, yaitu: Penjaskes atau Olahraga.

Siapkan mental XD
Aku agak kesiangan dan hampir aja telat. Satpam aja nyuruh aku buat lari, karena mood lagi jelek, aku cuek bebek.

Beruntung aja aku gak telat, temen-temen udah pada baris. Tapi belum mulai. Lalu, dateng pak Ee dan Pak Monlex. Pak Ee ceramah segala macam hal. Mulai dari peraturan pakaian, sistematika dan kelas kita yang katanya olahraga terakhir dan lain-lain. Aku malah liatin orang yang telat, jadi ke-inget sama Nisa San. Semalem dia sms, "Nida besok Olahraganya jangan telat. Nanti di ceramahin." wkwk justru yang gak telat yang di ceramahin. Yang telat malah suruh jumpt up (?) terus habis itu bantuin pak Monlex bersih-bersih air sisa hujan semalam pakai sapu jelek XD

Kelapangan, kita kompakan doa -lagi- bersama. Dan saling yeyeye - yes gitu, saling merangkul tangan di satu lingkaran terus di angkat ke atas sambil bilang "YEY" gitu deh. Namanya apaan sih, gak tau u,u

Pertama, pemanasan dulu. Ada dua kelas nih sebenernya. Kelas aku dan kelas sebelah. 12 IPS 5. Setelah itu, kita langsung menuju ke tahap pertama, nih susunannya:
  1. Tes Sit-Up dan Push-Up
  2. Tes lari cepat (namanya apa, lupaaaaa)
  3. Tes Basket
  4. Tes Lari (dengan jarak) 
  5. Renang
Untuk tahap pertama, pengujinya pak Ee. Gile. Galak bener ._. Aku cuma dapet sekitar 20 an sit-up dan push-up. Yang jadi penghitungnya Dimtus (alias Dimatus Syifa) hehe

Untuk lari cepet, kayaknya aku paling lama deh. Abisnya licin sih :( Pengujinya pak Sukari. GJ nih >,<

Basket. Alhamdulilah ya. Kata pak Monlex, yang banyak latihan dan amal mah bola-nya masuk dalam operan pertama ke ring (?) hihii. Aku masuk saat operan kedua :p Alhamdulilah. Padahal sama sekali gak pernah latihan, bahkan megang bola basket aja sudah lama banget. Aku ikutin saran dari pak Monlex, mengenai 'jangan jauh-jauh dari ring kalau mau bola-nya masuk' gitu deh... sekalian baca bismilah dulu ya jangan lupa.

Untuk tahap ke-4. Lari cepet, bapaknya Aldi yang jadi penguji. Pak Hengky. Ada beberapa persyaratan nih. Selain itu sistemnya level. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8.
Lari kali ini punya semboyan, "Semakin naik levelnya. Semakin cepet larinya" Dan mana pula, pakai musik gitu, saat hitungan dalam musik tersebut sudah selesai. Kita harus sudah sampai di ujung tanda. Ada pengawas dan ada pula pencatat. Pencatat ya tugasnya mencatat, sudah berapa level dia berlari. Sedangkan pengawas, mengawasi si pelari. Saat musik sudah selesai dan dia belum mencapai ujung 2 kali berturut-turut berarti dia sudah 'out' gitu deeeeeeh...

Aku yang semalem habis makan sesuatu yang wah. Pedes malah campur soda >,< Sakit perut terasa banget di saat lari level 2 :o Inka yang jadi pengawas aku sampe angkat tangan. Karena kalau ada kesalahan begitu, pengawas bertugas buat angkat tangan (sebagai tanda)

Akhirnya OUT!!!

Tumben banget nih rasanya lebih wah lelahnya dari pada lari biasa yang gak pakai level u,u Hampir pingsan saat itu juga :o

Lanjut ke renang. Di mulai dari pukul 13.30 - selesai.
Seperti biasa, kita renang di Tembong. Bayar loh ya. Mengeluarkan duit -lagi- deh >,<
tes-nya 3-3. Aku kebagian kloter pertama. Agnes - Mala - Aku. Renangnya udah mirip orang tenggelem wkwk~ syudahlah gak usah di bahas.

Pulangnya, aku langsung pulang. Ada urusan dan masih harus belajar Corel. Beruntunglah, aku bawa motor :p

Sabtu, 22 Februari 2014
Untuk hari ini, ada yang 'merupakan hari terakhir' uprak tapi engga berlaku buat kelas 12 IPS 3, 4 dan 5. Kita masih punya jadwal di hari Senin -___-

Kelas aku sendiri, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia belum ._. Jadi mungkin gak akan di masukkan di postingan ini. Aku gak tau apakah aku sempat menulis lagi? :(

Sabtu, jadwalnya dari pukul 07.30 - 13.30. Untuk mata pelajaran yang di uji: Seni Budaya dan TIK.

Seni Budaya >> bikin Parcel
TIK >> bikin Corel Draw

Dua-duanya sukses kok ^-^ yang lain bikin parcel bagus-bagus banget. Kita pada foto-foto. Nih aku juga foto-foto sama temen sebangku aku :p
Parcel aku nih ^-^
My seatmate ^-^
Dan juga untuk TIK. Tidak ada yang error dengan komputernya. Aku kira ini menurut absen. Ternyata tidak >,< Aku di ruangan sebelah. Di suruh pak Asep (guru TIK) yang ngawas siapa gak tau. Kayaknya guru baru deh.

Aku selesai pada pukul 10.45. Waktu pengerjaan tercatat 10.15 / 10.30 ? lupaaa deh. wkwk Lumayan cepet kan? Makasih Aziz, kemarin cuma liatin doang tapi bisa kan? Pada belum semuanya dia ajarin dan dia belajar buat sendiri doang. Aku pasif -cuma liatin diam-diam- juga bisa kan? Keren kan? hahah :p

Selesai sudah, aku bantuin temen, kasian juga sih dan gak enak sama mereka yang manggil-manggil aja >,< Cuma bantuin beberapa mending. Nah ini, suruh bantuin semua? LoL situ gak belajar ya? Masa dasarnya aja gak tau sih. Males ladenin nih jadinya. Aku bantu yang lain aja deh ^^ Maaf ya XD

Selesai bantuin temen yang terakhir keluar nih :p langsung cap cus ke suatu tempat sama Dimtus :p Pulangnya di anterin sampe rumah, aduuuhya makasih Dimtus. Gak enak nih, kan tadi hujan. Untungnya cuma gerimis :* makasih muaaaaaach ({})

Oke selesai. Selamat Malam sekali lagi ^_^


2 comments:

  1. kak kalau kita gk hafal 1 ujian praktek apakah kita akan lulus ? #jawabdongplizz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah 2,5 tahun yang lalu lulus SMA, hehe. Tapi, di sekolahku, waktu ada yang dapat nilai jelek/gak hafal/gak siap untuk Ujian Praktek, ada yang namanya remidi dan setelahnya pasti diluluskan kok. Coba deh rayu gurunya biar diberi keringanan. Dan yang terpenting... coba belajar sungguh2 ya. Hafalin juga, ok ok.

      thank you~

      Delete

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.