Wednesday, April 16, 2014

PENGALAMAN UN 2014

Mari kita ucapkan puji syukur kepada Allah.swt. Pada akhirnya, sebagian siswa-siswi kelas 12 SMA di Indonesia sudah dapat menghela nafas lega XD

Sejujurnya, dengan berakhir/selesainya UN bukan berarti perjuangan kita berhenti sampai di sini loh. Masih banyak hal yang harus kita perjuangkan kembali di masa depan. Ini cuma langkah awalnya aja. Semangat! Calon penghuni surga dan calon pengubah masa depan.

Yuk, mumpung aku lagi moody buat blak-blak-an malem ini, sekalian merayakan hari berakhirnya Ujian Nasional 2014. Aku mau berbagi opini tentang suka duka UN2014. 

Sehari sebelum H-UN
Seperti yang kalian tau. Hari pertama itu pasti cemas, deg-deg-an, gugup, takut d.l.l. Rasanya nanonano deh, rasa kopi susu good day di campur sama jus jeruk. Gak enak banget, pengen muntah hahah~

Yang aku lakukan menjelang hari-H adalah tidur-tiduran, mikirin kemana-mana gak jelas, buka twitter dan yang paling parah >>> Main game di HP adik aku wkwk. Lucu sekali. Bukannya belajar Nid, review pelajaran kek setidaknya...

Biasanya, yang kelas 12 pasti follow twitter seputar SNMPTN-UN atau bisa juga twitternya bimbingan belajar, ex: Zenius, Nurul Fikri dan banyak lagi. 

Nah, selain itu kakak alumni. Mereka juga kadang kala ikut ngeramein UN dengan membuat tweet #Nostalgia gitu deh. Dan kesimpulan dari semua itu adalah: Hari pertama UN akan terasa wow.

Jujur, awalnya aku gak ngeh sama kesimpulan di atas. Jujur aja, sehari sebelum UN. Aku tenang-tenang aja kok. Bukannya sombong, merasa sudah pintar atau apa. Bukan. Itu karena aku jenuh, bahkan sekadar cuma buat review ulang pelajaran inti yang susah. Aku merasa percuma aja kalau belajar, kata-kata alumni, bimbingan belajar ataupun yang ada di twitter itu ada benernya. Menjelang UN tuh gak usah muluk-muluk, banyak pikiran dan apalah. Yang penting sudah di siapkan jauh-jauh hari. Yap! Baru tau, maknanyaaaa.

Hari Pertama UN
Pada akhirnya hari yang kita nantikan datang. Mata pelajaran hari pertama: 
Bahasa Indonesia (07.30 - 09.30) dan Geografi (10.30 - 12.30) dengan jeda waktu (istirahat) selama @1jam dan pengerjaan ujian @2jam. 

Aku berangkat dari rumah pukul 06.30 wib kurang lebih. Di angkutan umum, masih sempet-sempetnya baca ulang review Geografi. Padahal sih, jam pertama kan Bahasa Indonesia wkwk. 
Tiba-tiba bapak-bapak di sebelah nyeletuk, "Mau UN, neng?" aku cuma bisa ketawa kecut. Dan bapak-bapak itu lanjutin, "Tiga tahun di bayar tiga hari hahah." 
Dih, apa banget deh. Lucu bapak-bapaknya. Lucu ketawanya itu loh, dan ngekeknya aku ikutan ketawa ckck >,< 

Saat sampe di gerbang Smanda CJ (Sebutan sekolah aku) langsung melihat pemandangan penuh dengan anak-anak yang mukanya tegang, mereka ngumpul di tempat parkir dan deket aula gitu deh. Awalnya aku bingung, beruntungnya. Ketemu Mala dan Iis yang juga sama-sama bingung. Kita ber-tiga akhirnya masuk ke dalam Aula, dan ternyata di sana rame, panas, dan susana penuh dengan dag-dig-dug. 
Aku sampe kebelet pipis deh, saking merindingnya... 

Kita ke Aula, ada nama masing-masing kelas. Disitu deh, tempat tas kita di taruh. Entah peraturan macem apa, yang jelas tas kita beserta barang-barang yang gak boleh di bawa saat UN harus di taruh di Aula. Nama kelas aku ada di pojok kiri bagian panggung, alhamdulilah strategis wkwk, dekat dengan hati dia *Eh


Kita langsung di giring macem anak itik yang tersesat. Abis, mukanya tegang semua sih >,< Di suruh panitia yang dari sekolah aku, cepat masuk ke ruang ujian masing-masing. Ruangannya masih sama kayak TO-Kota dan US (Ujian Sekolah). Jadi, lebih mudah nemuin tuh ruang untuk sidang hasil jerih payah kita selama tiga tahun. Dan tadaaa~ aku menemukan ruangan itu di 'segel.' Di samping pintu ada nama-nama kita beserta denah tempat duduk, dan yang lebih lebih lebih lagi adalah ada foto kita-nya yang pucet pasi kek vampir baru lahir itu tuh *Hening

Setelah datang pengawas yang wajahnya baru kita lihat, alias guru dari sekolah lain. Jadi deh gak kenal. Kita masuk ruang ujian, dan ruangannya di gembok loh. Gembok cinta mungkin, biar gak ada mencuri bangku cinta kali ya? Hahah

Pertama, kita duduk di bangku masing-masing. Saking gugupnya aku sampe keringet dingin. Pokoknya rasanya kayak mau sidang apa banget deh. Deg-deg-deg. Entah kenapa, yang utama yang harus kita lakukan saat itu adalah tarik nafas dalam-dalam, berdoa dan berpikirlah bahwa kamu bisa! Usaha kamu gak akan sia-sia, bawa minum air putih kalau perlu, biar pikiran relaks dan bisa fokus. Dan selanjutnya adalah pembacaan peraturan UN bagi peserta. Dalam hati, aku cuma bisa meringis "Bu, cepetan sih. Udah keringetan nih. Lagian saya udah tau peraturannya itu kok. Dari twitter-nya Kemendikbud." hahahah

Kita di kasih satu soal yang udah satu set sama LJK-nya. Alhamdulillah, waktu aku pegang. Tebelnya lumayan. Pertama, suruh di cek. Apakah ada nomer soal yang kurang? atau cacat? 
Kedua, kita liat LJKUN-nya. 
Ketiga kasih nama di soal dulu, baru deh LJK itu di lepas. Di lipat dulu, baru pakai penggaris biar gak sobek. Bisa fatal deh u,u
Dan mulai, mengerjakan. Bismillahirahmanirrahim!!!!

Yuk, sekarang fokus ke mata pelajarannya. 
Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia: lumayan, hanya saja. Banyak pertanyaan yang membuat kita bingung. Pertanyaan itu membutuhkan analisis logika kita, maka siapa yang mengerti, dialah yang benar. Aku gak yakin aku bener-bener buletin jawaban yang yaaaaah benar. Belum sempat cek ulang jawaban yang bener atau salah, suara bu Ida (wakasek Smanda) sudah terdengar nyaring. "Waktu UN tinggal 10 menit lagi yah~ untuk ibu/bapak pengawas di mohon membantu mengecek ulang data diri siswa. Ayo semangaaaaaaaat!!!!" haha, kata-kata yang terakhir di delete aja yah, aku ngarang sendiri :p

Nah, aku lupa siapa pengawasnya, yang jelas. Mereka galak banget >,< Masih muda padahal mah. Selama mengerjakan tuh soal, di ruang aku hening. Sampai bunyi kriuk perut kelaperan gara-gara sarapan cuma roti dan itu-pun jam 5 subuh sarapannya ._. Duhya, semoga gak ada yang denger deh. Bikin malu aja wkwk

Pelajaran kedua, Geografi. Nano-nano deh. Entah, merasa ada yang beda dengan soal UN tahun ini. Rasanya susah sekali, gak sebanding dengan usaha kita nih? Intinya, saya pribadi merasa kurang ekstra belajarnya. Kapan-kapan aku posting tentang fakta-fakta UN SMA 2014 deh. Biar bisa lebih jelas. 

Aku ngerjain Geografi lebih banyak nembak, kayak apa aja deh. UN kok pake sistem nembak sih? Dari pada curang. Mending nembak aja. Ya kan?  Bukannya sok sih, tapi ya mau gimana lagi. Soalnya bikin pusing. Mending, waktunya panjang. Nah, ini kan cuma 2 jam. Soal UN Geografi banyak di butuhkan ekstra kehati-hatian untuk menjawab. Bisa-bisa kita terjebak lagi. Duh, fatal nih. Satu soal berbobot 2 poin! *Jleb

Harusnya, aku belajar soal SBMPTN aja yang lebih susah. Iya, susah. Soal UN tahun ini susah banget u,u 

Hari kedua UN
Selamat datang hari kedua. Mata pelajarannya: 
Matematika dan Sosiologi. Untuk waktu/jam masih sama ya seperti hari pertama. Yang sudah aku tulis di atas. Dan well, karena aku dari jurusan IPS jadi cuma nulis jadwal IPS aja. Bukannya gak tau, demi menghemat tenaga. Kasian nih jari XD

Sebelum masuk ruang ujian. Sekitar 30 menit-an sebelumnya. Kita semua ke lapangan, dzikir asmaul husna. Alhamdulillah, hati jadi terasa adem ayem ({}) Dan kita langsung masuk ruang ujian.
 
Haloo matematika. Ini mata pelajaran yang selalu jadi bumerang untuk sebagian besar siswa. Iya sih, buat aku juga. Padahal kalau waktunya cukup, ngerjain matematika asyik juga loh. Apalagi buat yang cewe, khusus cewe loh ya. Yang cowok sedikit bisa menghargai tidak? Atau langsung loncat aja ke paragraf selanjutnya. 

Nah, yang cewe nih merapat. Bukannya mau ngumbar-ngumbar ya, ini cuma buat motivasi aja. Menurut penelitian, cewe yang suka dengan pelajaran matematika akan mempunyai anak yang jauh lebih cerdas di masa mendatang. Nah, kalau lagi hamil gitu, kita di minta buat selalu mengerjakan soal matematika. Katanya sih, matematika bisa membuat orangnya berpikir kritis analogis. Mangkanya berpengaruh juga ke bayi. Udah ah~ aku gak lagi bahas soal fakta-fakta itu. Tuh, calon ibu. Mulai yuk belajar matematika sejak dini. Demi anak kita gitu loh. Aku aja sampe nyesel, rasanya pengen ngadu ke mamah aku 'Kenapa pas aku masih di perut gak ngerjain soal matematika sih?' duududu~ Semua kehendak Allah.swt. Gak ada salahnya, kita mencoba berusaha sebaik mungkin :)

Udah tau kan? Yuk mulai mencintai matematika dari sekarang. Belum terlambat kok. Matematika wow banget. Aku aja yang tadinya benci sama mate jadi jatuh cinta, karena dia memang terlihat sangat dingin di luar namun saat kamu sudah masuk ke dalam dunianya. Betapa romantisnya matematika itu. Dialah teman PDKT aku yang selalu menemani di malam minggu yang sunyi, kalau malem sabtu mah pacarannya sama RCTI a.k.a Persembahan Spekta Indonesia Idol *Hening lagi

Tapi, sungguh. Ternyata gak seperti yang aku duga. Matematika di UN kali ini melenceng jauh dari harapan banyak siswa/siswi SMA kelas 12 di seluruh Nusantara. Yap! Soal UN Matematika itu, Subhanallah. 

Aku merasa di khianati, aku sudah bela-belain buat nemenin dia setiap malem minggu. Tapi apa??? Ya Allah. Mate tuh tega tau, tega bikin aku mau nangis. Kalau kamu mau bercanda, please dong jangan saat serius gitu. Apalagi se-serius UN, Mateeeee :( 

Kenapa Mate tega? Kalau menurut aku pribadi sih, itu soal-nya tepat seperti SKL. Cuma di buat lebih pusing lagi, yaaa yang sering belajar dan pernah pacaran sama matematika pasti ngerti deh. 

Sudahlah. Yang sudah berlalu, tetaplah menjadi masa lalu. Kita berharap aja nilainya sebanding dengan usaha kita. Aamiin ya Allah.

Dan tadaaa. Bagaimana nasib Sosiologi? Alhamdulillah. Lancar kok, cuma takut salah pilih aja. Lagi-lagi ada dua kemungkinan. Namanya juga Sosiologi, selain kita berpikir kedepan sekaligus berdasarkan teori dan materi yang pernah kita pelajari. Kita harus bisa menebak dengan benar, soal Sosiologi ini benar-benar soal mengenai permasalah yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari sekaligus di gabungkan dengan teori/materi SKL. Daebak! 

Dan yeah~ btw, aku pribadi sebel sama orang yang gak bisa diem saat ujian sedang berlangsung. Mereka cari masalah doang nih kayaknya. Males sekali di ladeni. Ke-la-ut aja sana! *nyindir

Oke, gak usah di bawa ke hati kata-kata yang barusan. Itu sejenis frontal yang terselubung. Pengen sih pakai kata-kata yang lebih frontal lagi. Tapi, sudahlah... Nanti karma loh ._.

Hari ketiga UN
Selamat datang hari terakhir UN 2014. Akhirnya aku bisa bernafas lega. Dan ini nih, jadwal pelajarannya: 
Bahasa Inggris dan Ekonomi. 

Aku kira, pelajaran jam pertama itu tuh Ekonomi. Ternyata Bahasa Inggris duluan. Yah~ peserta UN kecewa wkwk. Disinilah kelemahan aku: Listening! Entah kenapa, kadang-kadang aku cuma nebak. Nah, ini kan UN. Kayaknya gak lucu deh kalau main tebak-tebakan gitu aja. Gak lucu banget malahan. Aku gak bisa janjiin bisa. Tapi, begitulah... Jawaban yang aku pilih, benar atau salah? Manasayatau huahahahhhh~

Lanjut ke Reading dan Writing. Lumayan ya, 3 soal terakhir apa banget deh. Udah waktunya kepepet, ada yang masih belum di jawab. Udah gitu, aku gak sempet periksa ulang >,< Wassalam deh. Gak pernah ada yang "gampang". Aaaaah~ sia-sia sekali belajarnya.

Yah, gak boleh putus asa ah. Siapa yang udah tau nilainya sih? Belum kan? Jagan pesimis dulu dong. Kita harus terus melangkah buat berperang di medan yang lebih berbahaya dan sulit. Gak mau nyerah! titik. 

Untuk yang terakhir adalah... Eko. Haloo kita jumpa lagi, Ko. Aku sudah menantimu yang selalu mendapat tempat terakhir. Miris sekali kau, nak. Sabar yuhaa *Hening lagi

Jangan tanya aku deh. Astagfirullah. Melenceng semua dari yang di prediksi. Di kira rumus SHU gak keluar, tau-tau muncul gitu aja. Di kira, rumus HPP keluar, taunya cuma temennya HPP. Aaah~ bete. Di kira, fungsi Qd = Qs yang ada subsidi dan pajak-nya itu keluar, tau-tau malah yang satunya. Lah... Dan aku pikir, pajak wajib perorangan itu... Di kira pake cara begini udah bener, tau-tau gak ada jawabannya. Piben kiye. 

Selesai UN. Kita gak boleh pulang dulu. Ada pengumuman dari pihak sekolah. Jadi deh, kita ke masjid. Hehe~ Kepo banget, pengumuman apa sih? Yang bukan anak CJ Smanda mah gak usah tau deh :p biar kepo. Hidup kepo! Haha. 

Pulangnya, aku refresh ke Ramayana. Ada kejadian lucu dan sial banget, with my seat mate aku selama 2 tahun. Intan. Muaaaach beb, tadi lucu ya. Memalukan. Pengen tak getok tuk orang *ups

Baiklah, sepertinya sudah semua. Akhir kata: Terima Kasih. Aku gak tau harus mengucapkan kata penutup seperti apa. Nanti malah curhat lagi XD

Semoga apa yang kita lakukan selama tiga tahun ini gak sia-sia ya teman-teman. Sukses selalu! Semoga kita lulus dengan nilai murni!!! Selamat Berjuang! Jangan pernah menyerah akan mimpi kita, terus berjalan maju dan berpegang teguh pada prinsip yang benar. Semoga Tuhan selalu menyertai dalam setiap langkahmu, calon pemimpin bangsa ^_^

Salam hangat, @Nida. April 2014

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.