Friday, June 27, 2014

ALASAN KITA “KESEL” DENGAN ORANGTUA









Pernah kesel sama orangtua? Yang pasti pernah, ya. Apalagi “membuat kesel mereka” haha, itu Nida bangeeet. Well, bedasarkan obrolan absurd kemaren-kemaren with sahabat. Pada akhirnya, ide ini muncul gitu aja~

Alhasil, aku memutuskan buat menuliskannya menjadi sebuah postingan yang kurang lebih (baca: entahlah) bermanfaat buat kalian.

Dan satu hal lagi, postingan ini lebih mengarah dari pemikiran cewe ke mamahnya lho XD Yang cowo yaaa... Gak tau juga sih >,<
 ***

Mereka suka banget mengkritik cara dandan kita, seolah-olah mereka seorang desainer handal yang tau segalanya. Padahal, cara dandan merekalah yang seharusnya dirombak.
[Yailah. Wong mereka masih pake baju model 90-an. Dengan kerudung gede-gede dan rok panjang a’la ibu-ibu pengajian. Walaupun, sebenernya mau pergi ke mall sekadar beli DVD atau ke Carrefour, belanja keperluan sebulan! Pfffft]

Gak pernah ingat berapa umur kita sebenarnya.
Pas kita pake lipstik. Mereka bilang, “Pake lipstik kayak tante-tante.” Giliran kita pake handbody merk Cusson Baby. Komentar mereka, “Kamu kan bukan anak kecil lagi.”
Apalagi waktu kita jalan sama cowo – foto bareng sama cowo. Mulut mereka kembali berbisa, “Hei, kamu masih di bawah umur. Jangan main sama cowo-cowo. Di-apa-apain loh.” Nah, waktu aku minta tolong sama mamah buat ngebangunin jam 8 pagi. Karena ada urusan dengan temen, lagi-lagi dapet komentar, “Udah dewasa, bangun sendiri dong.”
Nah, loh? Sebenernya, kita tuh tante-tante, orang dewasa, ABG atau malah anak kecil?
Berapa umur kitaaaaaa, sih? Pfffft.

Suka ngebandingin kita dengan orang lain.
Yak. Dalam kamus Nida sih, mamah suka ngebandingin aku vs kakak aku, yang sekarang kuliah di Undip.
Dia jago nyanyi, aku engga. Dia jago nge-gambar, aku engga. Eeeeh~ masalahnya, mamah aku gak pernah tau atau bahkan sampe “memuji” keahlian aku yang emang jago nulis. Engga pernah! Pffft. Terus, aku bisa apa? Cuma bisa cemberut ngeliatin ketawa jahatnya kakak :o

Suka melarang-larang tanpa alasan.
Pernahkah ortumu memberi alasan kenapa kamu nggak boleh jalan bareng cowo tertentu? Nggak boleh nyemir rambut? Nggak boleh nonton drama korea? Atau bahkan gak boleh nempel poster Super Junior di kamarnya? >,<

Nggak pernah liat bakat kita yang sesungguhnya.
Waktu temen-temenku pada heboh mengenai hasil tulisan aku di blog. Orangtua aku gak tau kalau aku punya blog. Waktu aku kepilih mewakili sekolah aku pas SMP buat lomba mengarang cerpen, ortu aku juga gak tau.
Giliran waktu aku menang lomba balap lari di 17 Agustus-an. Yang sebenernya aku gak bener-bener suka sama ‘lari.” Itu karena kepepet pengen ngeliat cowo kece di depan (?) mamah aku malah percaya kalau aku berbakat jadi ‘pelari’????
Etdah -,-

Sok tau, padahal gak tau apapun tentang dunia kita.
Mamah aku pernah ngomentarin tentang persahabat, kehidupan sosial, atau bahkan kegiatan luar sekolah aku secara berlebihan. Padahal mamah aku gak tau apa-apa.
Pernah suatu kejadian: Aku sama temen sekelompok di kelas kerja kelompok di rumah aku. Dan sejujurnya, mereka cuma temen biasa doang. Aku gak terlalu kenal dengan mereka, begitupun sebaliknya. Mamah aku sok akrab tanyain itu-ini. Ehhh~ giliran itu sahabat aku, mamah aku malah jutek sama mereka. Pfffft >,<

Selalu memulai ceramah, dengan kalimat klise, “Waktu mamah dan papah kecil dulu...”
Terutama papah aku. Sebelum aku mengikuti tes atau apapun. Papah pernah cerita, lama banget, “Waktu jaman papah dulu, sebelum tes papah tuh...” Baru bisa berhenti saat aku bilang, “Udah telat nih.” Pfffftt. 
Pengalaman ini terjadi lagi, waktu aku ikut tes di Jakarta pertengahan bulan Juni 2014 .___.

Suka ngegossipin kita dengan tetangga.
Waktu aku terpilih jadi juara kelas (Padahal itu cuma juara kelas doang~ Sama sekali gak keren. Dan cuma masuk 10 besar doang) Tetangga sebelah, samping dan depan, udah tau. Nah, waktu aku ikut lomba PMR (yang sebenernya itu juara tim. Bukan individu) dan menang bukan karena aku doang. Ibu-ibu arisan dan pengajian udah tau semua! Pffffft >,<
Gak perlu di umbar-umbar deh, aaaahhh~ orangtua.

Paling suka memanggilmu dengan julukan yang kamu sebel banget.
Papah aku seneng banget manggilin anaknya pake nama yang ‘beda’ dari yang lain. Dan buat nama aku sih, “Annnn” Kemudian di ikutkan oleh mamah juga .__. (yang sejujurnya, aku juga gak tau atas dasar apa papah aku manggilnya gitu. Tapi gak jadi  masalah besar kok, karena aku suka panggilan special papahku itu XD) Begitu juga dengan mamah, kadang-kadang “Shoooool.” Emang sih, nama panjang aku: Sholihah. Tapi, jangan gitu juga kali, pffffft.

Selalu punya bahan untuk mencelamu.
Annidaa Sholihah! Celanamu terlalu ketat, atau pakai celana jins warna biru aja. Gak pantes pakai yang itu! Dan bahkan, saat kamar kita rapi + bersih, mamah masih saja punya bahan celaan, “Mau kamu apakan novel-novel ini? Simpen aja di kardus itu! Nyesekin tempat doang.”
Eerrr...

Selalu mengomentarin masa depan kamu.
Nanti kamu mau kuliah dimana? Emang kamu bisa hidup jauh dari orangtua? 
Atau, kamu ngambil jurusan sastra mau jadi pengangguran? 
Pffffft .___. Cerewetnya melebihi segalanya. Pasti nanti, kangen :p :p

Selalu meminta kamu untuk diet.
@#$%^^&** = Kesel banget.


Tapi... di atas semua fakta itu, aku tetep sayang Umi dan Abi [well, aku memanggil mereka dengan sebutan: Umi (untuk Ibu atau mamah) dan Abi (untuk ayah atau papah)]
 
Abi dan Umi
Nida sayang kalian!!! ({})
Salam,  @Nida

3 comments:

  1. hmm,, walau awalnya buat sebel.. tapi endingnya tetep sayang..

    Good Nice Post

    ReplyDelete
  2. Omelan2 orangtua itu pasti maksudnya baik, dan kita akan kangen pada omelan2 itu ketika kita udah tua nanti :")

    ReplyDelete
  3. Good (y) wkwkwk iya juga tuh :D

    -nlp-

    ReplyDelete

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.