Friday, September 11, 2015

DINUS INSIDE DAN DINUS EXPO 2014

Catatan: Postingan ini sengaja baru di upload, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terkait ospek untuk maba UDINUS 2015. Well, karena Dinus Inside 2015 sudah usai, aku putuskan untuk posting disini :D 

Enjoy Reading!

Hello! Nama aku Annida Sholihah, dari jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswontoro (Udinus) Semarang.

Jelas dong, aku maba Udinus tahun 2014. Untuk kalian yang maba dan yang penasaran dengan ‘ospek’ nya Udinus. Boleh kok, kepoin blog ini :D
Karena aku udah resmi jadi mahasiswi Udinus. Aku akan lebih sering menceritakan kegiatan seputar Udinus juga. Semoga bermanfaat dan gak bosen baca curahan hati yang absurd ini, ya x)

***
Disetiap Universitas, kalau kalian maba. Udah pasti akan melewati satu hal ini, yaitu: Ospek. Di Udinus, namanya bukan ospek. Tapi, Dinus Inside. Kepoin twitter @Dinus_admisi aja untuk info lebih lanjutnya. Tanyain adminnya sana… Kenapa namanya “Dinus Inside,” gitu?
                                                                                                                                         
Kronologis yang sudah ditentukan sih, gini: 3 Hari Dinus Inside. 2 Hari Dinus Expo = Total 5 hari berlelah-lelah ria x)

Hari Pertama
Fyi aja… aku tinggal di kost. Dan cuman butuh sekitar 8 - 15 menit jalan kaki menuju fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Sebelum mulai ospek per-fakultas. Kita kumpul dulu di lapangan Gedung G (*Gedung yang dekat dengan jalan raya) yang cukup luas. Karena kita mau upacara pembukaan dulu.
Semua mahasiswa baru yang berjumlah sekitar 3.000-an itu di suruh baris menurut fakultasnya masing-masing. Fakultas aku, FEB pakai tanda pengenal warna kuning, berbeda dengan fakultas yang lain. FIK, biru.  F.Kes, hijau. F.Teknik, ungu. FIB, merah.

Hari pertama: Pake baju putih-hitam, sepatu hitam, kerudung warna bebas. Bawa kartu tanda pengenal yang ukuran dll-nya sudah di tentukan dalam buku panduan.

Aku sempat bingung nyari barisan kelompok. Emang sih, kita sudah dibagikan kelompok menurut nomor pendaftaran. Di web, aku dapet kelompok 4 akuntansi. Ternyata, bukan kelompok 4 melainkan kelompok 10. Udah gitu, per-kelompok ada sekitar 50-55an orang pula~ susah ngafalin muka + nama mereka, hiks.

Sebelum upacara beneran, ada gladi-nya dulu. Setelah gladi. Kita langsung upacara. Lama banget… soalnya, ada ceramah-ceramahnya gitu. Dari rektor, dosen yang punya jabatan tertentu di tiap fakultas, perwakilan organisasi dan pengumuman-pengumuman seputar kampus.
Bahkan, kita –para maba- di suruh duduk. Enak… di bagian depan, ada tenda. Jadi mereka gak panas. Lah, aku? Udah telat – salah kelompok- duduknya di belakang. Panas! Yang paliiiing belakang banget sih boleh ngadem ke pohon sama kakak panitianya. Sayangnya, aku duduknya agak jauh dari pohon, wkwk.

Selesai Upacara. Kita disuruh berdiri lagi, untuk penutupan. Baru deh, perkenalan alumni dan para calon mahasiswa cerdas yang mau berangkat pertukaran pelajar di luar Negeri. Habis itu, baru perkenalan UKM dan Organisasi tingkat Universitas. Suruh duduk lagi! Pffft.

Selepas upacara di gedung G. Kita di minta berbaris sesuai fakultas. Karena kita akan di bawa menuju ke fakultas masing-masing. Untuk FEB sendiri, fakultasnya adalah di gedung C. Cukup 10 – 15 menit perjalanan dari gedung G.
Di Hall gedung C. Lagi-lagi kita di suruh duduk. Beruntungnya… ada tenda! Wkwk. Gak kepanasan deh selama 3 hari kedepan.

Disana. Kita perkenalan berbagai hal terlebih dahulu. Pokoknya seputar pengenalan-pengenalan gitu deh… Hari pertama belum di suruh bawa apapun yang aneh-aneh kok.
Baru deh, setelah acara pengenalan hari pertama usai. Kakak MC-nya ngasih tau beberapa hal. Kakak pendamping kelompok absensi kita lagi + ngasihin kertas yang berisi barang bawaan untuk besok. Lengkap dengan kostumnya apa…

Aku cuman melongo gak jelas di barisan para maba kelompok 10. Kesel sekaligus geli ngeliatinnya x)

Hari Kedua.
Penasaran gak, hari kedua di suruh bawa apa aja?
Nih daftarnya:
Kostum = Atasan putih, rok/celana abu-abu, sepatu hitam bertali, kaos kaki hitam (bagi laki-laki di pakai di depan celana, dengan panjang 10cm)
Antribut = Cewe (bando dengan tulisan ‘Lulus SLTA’ dan rambut di ikat dengan pita biru-kuning). Untuk yang cowo (topi dari bola plastik, yang di atasnya berdiri tulisan ‘Lulus SLTA.’)
Makanan/bekel = Nasi kemerdekaan, sosis panjang 20cm, sayuran bebas, aqua botol dengan logo sekolah SMA Asal.
Bakti Sosial = Beras 2 ½ kg. Mie instan 2 rebus 2 goreng, Gula ½ kg, Margarine sachet.

Catatan: Masukan semua barang ke dalam karung dengan logo SMA asal. Gak boleh ada yang bawa tas selain karung! Gak boleh ada yang bawa kendaraan juga.

Oke fine! Semua itu dapat aku bikin secara cuma-cuma malemnya. Karena hari pertama aja, pulang jam 18.00 wib. Dan aku gak sempet buat istirahat…

Susunan acara hari kedua Dinus Inside. Masih di hall C. Dengerin ceramah doang kerjaan kita. Duduk manis, berleha-leha, ngantuk. Palingan saat jeda, ke masjid buat sholat dan pipis, terus makan. Lanjutin lagi acaranya… berleha-leha.

Menjelang sore. Ada hiburan yang unik dari fakultas aku.
Gak lain… semacam lomba nyanyi dan joget, terus peragaan busana kerja/kantor. Pokoknya lucu, deh! Daebak nih kakak panitianya x)

Pukul 17.30 wib. Aku pulang ke kost-an. Sebelumnya, udah di kasih tau juga sih perihal barang bawaan yang besok harus di bawa.

Hari Ketiga
Nih daftarnya:
Kostum = Atasan batik, rok/celana kain hitam, sepatu hitam bertali, kaos kaki hitam (bagi laki-laki di pakai di depan celana, dengan panjang 10cm)
Antribut = Cewe (Topi toga, yang terbuat dari kertas karton atau asturo. Bagian depan, ada logo Udinus dan untuk bagian tengah atas, ada tali kuningnya)
Makanan = menu 4 sehat, 5 sempurna. Aqua botol dengan logo Udinus.
Tambahan = Membawa surat cinta+cokelat dan surat benci dengan kertas berbentuk tengkorak untuk kakak pantia.

Catatan: Masukan semua barang ke dalam karung dengan logo Udinus. Gak boleh ada yang bawa tas selain karung! Gak boleh ada yang bawa kendaraan juga.

Dinus Expo dan Malam Inagurasi
Ciaaaa… Akhirnya, memasuki hari ke-4!!! Hari yang paling di tunggu-tunggu untuk semua maba Udinus 2014. Setelah 3 hari yang melelahkan…

Dinus Expo itu semacam acara yang enjoy banget. Ada pameran UKM, ada juga lomba-lomba, ada banyak kakak senior UKM bertebaran. Bisa ngeliatin cowok yang bening-bening deh x) wkwk

Lomba-lombanya macem-macem deh

Kalau kamu ikut lomba, kamu terbebas dari tugas mencari stempel dan ttd lho. Asyiiik! Gak perlu berdesakan dan berpanas-panasan ria di stand UKM.

Acara di lakukan selama 2 hari. Kamis dan Jum’at. Untuk hari pertama –kamis- kita di suruh sama kakak panitia untuk meminta stempel UKM dan ttd-nya.

Harus berurutan ternyata… Dari UKM – baru boleh minta stempel dan ttd ke ke orma tingkat fakultas – dan orma tingkat Universitas.
Buatku sih oke aja… karena kita bareng-bareng gitu nyarinya. Aku sama beberapa maba lainnya yang baru aku kenal hari itu juga, wkwk. Mereka asyik banget :D
Kita saling membantu dan bergantian nyarinya. Biar cepet selesai dan cepet pulang.
Alhamdulillah. Selepas Dzuhur… aku dan temen-temen udah bisa dapet stempel dan ttd orma Universitas.

Setelah beres dengan kewajiban dari kakak panitia. Kita duduk di dekat kantin Udinus, melepas lelah… salah satu dari kita beli minuman di bagian samping dekat kantin. Banyak yang jualan. Semacam wirausaha/usaha kecil yang di lakukan oleh mahasiswa.

Sambil duduk-duduk, kita ngobrol banyak hal. Salah satu hal yang harusnya aku ketahui: Udinus kan letaknya di Semarang, yang merupakan bagian dari Jawa Tengah. Mahasiswa baru ataupun lama kebanyakan dari sekitar Jawa Tengah juga. Mereka terbiasa ngomong pake bahasa jawa. Kalaupun engga. Mereka masih menggunakan logat jawa. Aku akhirnya mau gak mau harus beradaptasi dengan mereka. Walaupun ujung-ujungnya, aku pernah melongo lama gara-gara mereka ngomong pake logat+bahasa jawa+cepet banget ngomongnya, wkwk x)

Skak mat!

Hari kedua Dinus Expo. Kata kakak panitia, kita boleh berangkat jam 14.00 wib. Itu pun kalau aku udah selesai dengan tugas mencari stempel dan ttd. Nanti, acaranya di gedung G. Sekalian Dinus Inagurasi gitu. Katanya… ada artis. Sebagai bintang tamu?
Tapi, aku gak tau siapaaaaaaaaaa u,u
Waktu Dinus Inagurasi, aku kelelahan dan sakit. Jadi deh… sore, selepas absen di kakak pendamping. Aku pulang dan gak kembali lagi. Kan, nyesel. Siapa suruh sakit, Nid?

Ohiya… aku lupa. Waktu Dinus Inside. Kita masing-masing di kasih tugas, tentang PKM gitu. Semacam Karya Tulis kalau di SMA. Per-kelompok sih. Nah! Karena hal itu, karena aku ngurusin hal yang susah payah (*anggotanya yang kerja cuman beberapa doang) aku kelelahan, kurang tidur dan jatuh sakit. Jadi deh gak bisa ikut Dinus Inagurasi.

Aku gak bisa certain tentang hal itu… Kata mamahku sih, yang lewat ke gedung G. Jalannya di tutup saking macetnya. Saking ramenya sama orang-orang. Ciyeeee… yang nonton mana suaranya?

Yap. Gak bisa banyak-banyak cerita nih.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya yang lebih wah!
Sering-seringlah mampir walau boring #Eh

Jalan Bima 2, Semarang
23 Oktober 2014

Salam Cinta,
© Nida

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.