Saturday, January 25, 2014

LATIHAN KULIAH

Judul ini, di ambil dari beberapa inspirasi tweet orang di twitter. Well, tak usah aku bocorin lebih lanjut ya. Gak penting banget ^-^

Ngomong-ngomong. Pernahkah kamu tau apa sih rasanya jadi mahasiswa? Terutama bagi yang belum kuliah. Pasti penasaran deh. Aku tidak kok. Aku cukup tau, cukup muak dan cukup stress.

Sekolah di CJ adalah pengalaman luar biasa yang gak akan aku lupakan. Apalagi kelas 12. Nyikut-nyikut kurikulum 2013 berbasis teknologi. Padahal kurikulum itu di tunjukkan untuk kelas X. Ujung-ujungnya kakak kelasnya juga kena dampaknya deh -_-

Dalam bahasan ini, lebih mengarah pada bagaimana cara guru mengajar siswanya. Lebih mirip seperti "Latihan Kuliah" Semua orang pasti tau, kuliah itu serba mandiri. Kata siapa SMA tidak? Sebagai bukti, dari pengalaman aku pribadi. SMA juga melatih kemandirian.

Liat saja, mata pelajaran Ekonomi -> Di bagi kelompok, materi, kemudian presentasi di depan -per Individu- menjelaskan materi terkait ke teman-temannya. Belum lagi LKS, merangkum. Harus juga di kumpulkan saat akan maju.

Lalu ada Sejarah -> Di bagi kelompok, buat power point, kemudian buat soal evaluasi, lalu sang leader yang bagus dan terpilih. Maju untuk mewakili kelompoknya -presentasi lagi- Guru hanya diam saja, menilai. Lalu kita di suruh menyimak, merangkum, dan mengerjakan soal evaluasi-nya tersebut.

Geo juga tak beda jauh -> Per-individu maju satu-satu menjelaskan mengenai desa dan unsur-unsurnya di depan kelas. Sisanya, mengerjakan soal-soal.

Bahasa Indonesia -> Perkelompok, di kocok untuk pembagian materi. Presentasi. Bahkan sampai bab akhir di semester 2 kelas XII. Full dengan sisa waktu yang ada, menjelang Ujian praktek dan UN. Kita presentasi.

Agama -> ada hafalan dan lain-lain deh. Mungkin mudah, bagi yang dapat bacaan ayat -pendek- bagi yang panjang? Well, ucapkan alhamdullilah saja deh .__.

Bahasa Inggris -> Pada dasarnya sama seperti agama, bahasa Indonesia ataupun lainnya. Kita di kasih tugas akhir, power point lagi. Dan hafalan -reading- lagi dan kita juga belajar ngebut dengan sisa materi yang ada. Kenapa? Kata Miss Maya sih karena waktunya gak keburu, sudah hampir TO 3 dan TO se-Kota Serang. Lalu di sambung Ujian Praktek. 

Sosiologi -> dari awal sampe akhir, kata bu Gurunya. Belajar kita cuma buat karya tulis. Dulu, kelas XI udah pernah sih di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tapi entah kenapa lagi. Yeah itu berhubungan dengan materi semester 6-nya. Well, menurut aku sia-sia banget waktu 5 jam pelajaran Sosiologi di pake buat gitu-gitu aja >,< Mendingan belajar materi  buat SBMPTN ya kan? hahah

TIK -> Guru jarang masuk, waktu jam pelajaran ini di pakai buat tidur sama anak-anak kelas. Pertama pertemuan cuma ngasih contoh liat vertifikasi pdss. Lalu tiba-tiba pak Guru berkata "Minggu depan ulangan prektek ya, di bagi dua kloter" #Duaaar kayak petir di siang bolong. Masih mending materinya power point. Berkat kurikulum 2013 nih. Kita semua mahir ber-otak-atik power point. Gak perlu belajar.

Lalu, ada apalagi ya? Well, semua itu pada dasarnya akan kita simpulkan. Guru gak ngajar sama sekali, muridlah yang aktif presentasi, bertanya atau bahkan hafalan satu per-satu. Dan guru berperan sebagai juri yang memberi tinta hitam atau merah di buku khusus, begitu... >,<

Aku pikir, wow sangat menakjubkan. Setiap pulang tambahan jam 5 sore. Kita masih harus kerja kelompok, mengerjakan power point, nge-print ini itu.

Di waktu jeda maupun istirahat, kita juga harus mengerjakan tugas-tugas LKS, merangkum, PR. Aaaah betapa sibuknya dunia kelas 12.

Sebagian dari kita, secara otomatis mau tak mau harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dengan alasan apapun. Tetap harus dikerjakan. Bahkan orang yang malas di kelas XI sekalipun. Mereka tetap mengerjakan, mendapat giliran maju dan mendapat nilai.
Secara otomatis, menjadi anak kelas XII, kita punya kewajiban yang WAJIB di penuhi. Gitu aja, kesimpulannya : Perubahan kita dratis banget ya. Kayak terjun payung rasanya.

Well, sekolah di sekolahku -SMANDA CJ- ini benar-benar pengalaman yang cukup untuk mempersiapkan kita secara mental dan batin. Aku yakin kok, kita akan menjadi orang yang sukses di masa depan.

Bertemu dengan orang-orang hebat lainnya ^-^ Jangan pernah menyerah. Wujudkan mimpi, tanamkan motivasi *slogan UDO nih ckck* Semoga di masa depan, kita bisa kuliah dan berpencar ke tempat impian kita masing-masing. Belajar banyak hal dan membagi pengalamannya kalian di sini. Dengan aku, dan dengan pembaca blog aku :)

Semangat teman-teman seperjuangan. Teman-teman eskul suka duka, teman-teman kelas yang penuh dengan ambisi, teman-teman yang gokil, kocak, lebay, aneh, dan segala-galanya. Semangat kawan. Kalian harus kembali dengan menjadi orang yang hebat. Ayo, jangan mau kalah.

Selamat Malam.
Salam, Annida Sholihah.

Kamu tau... Ini impian Nida.
Kamu tau... Alasannya kenapa? haha


No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.