Saturday, January 25, 2014

[PENGALAMAN] UDO 2014

Selamat Malam. Aku. Annida Sholihah. Baru bisa online lagi saat ini. Sebelum ke topik, yuk basa-basi dulu. Ngomong-ngomong gak ada yang kangen sama aku nih? Eh, salah. Maksud aku 'tulisan ini' ckck

Sudah seminggu lebih gak update nih pffft.
Gak ada salahnya ya aku memperkenalkan diri dulu, karena bahasan kali ini tentang UDO. Yah~ siapa tau ada yang belum kenal sama aku :p 

Nama aku, Annida Sholihah. Sekolah di SMAN 2 Kota Serang. Yang terkenal sebagai SMA CJ (Cipocok Jaya) dan atau Smanda (SMA Dua) Nah, pasti udah taulah aku berdomisil di Kota Serang. Gak perlu terlalu detail deh tentang 'kak, dimana sih alamat rumah kakak?' wkwk *siapa juga yang tanya ya?*
Kalau kelas, aku berada di jurusan IPS. Kelas 12 IPS 6. Kelas akhir sekaligus unggulan IPS di CJ :p 

Mau pamer nih ceritanya. Mau menyombongkan diri. Jangan protes ya :p
Yey~ Sekalian promosi kelas juga sih. Nah, basa-basinya sampai di sini dulu ya teman-teman *Merasa gagal melucu*

PEMESANAN TIKET
Yuk kita ke topik. Berawal dari jauh-jauh hari. Lupa saat itu hari apa, tanggal berapa. Yang pasti saat itu terjadi pada waktu sekitar satu tahun yang lalu (?) pasti bingung kan. Yang aku maksud, tahun lalu = tahun 2013 keke. Lebih tepatnya bulan Desember. Karena aku sedang menikmati masa-masa hibernasi (alias liburan). My seatmate aku sms dan kasih kabar yang -jujur aja- aku udah tau info ini dari sosmed. Twitter. Kira-kira inti sms-nya dia ngajakin aku buat ikutan "UDO"

Apa itu UDO? Banyak yang gak tau apa itu UDO. Sangat di sayangkan. Siapa sih mereka? Mamah aku, papah aku. Pokoknya para orang tua deh. Sampe nanya-nya beginian "UDO itu emang universitas apa? Dimana? Bagus? Akreditasnya apa?" dan bla bla bla lainnya ckckck >,<  yang langsung aku tanggapi dengan muka jutek plus jawaban "Cari sendiri di internet!" haha, anak yang durhaka. 

Kembali ke topik. My seatmate aku itu namanya Yashinta. Panggil saja Intan ya. Karena mau-nya dia sendiri dipanggil gitu~ Intan langsung ngajakin aku buat pesen tiketnya bareng-bareng. Dalam peraturannya, kita harus pesen tiket kelas 'main event'' minimal 5 tiket atas nama satu orang. Ngerti kan? Ngertiin sendiri deh kalau belum jelas. 

Aku langsung meng-iya-kan saja. Dan tadaaaa. Beberapa hari kemudian Intan sms lagi "Nid harus ikut ya fix. Tiket udah di pesen nih"  Yaelaaah. Iya iyaaa....

PENGAMBILAN TIKET
Sekitar tanggal 5 Januari. Sehari setelah eskul aku -PMR- LPJ. Aku, Intan dan satu lagi, temen aku yang namanya Dimatus janjian buat ke MCD di depan Carrefour Serang. Ngapain? Buat ngambil tiketnya.
Jadi gini, setelah kita sms ke panitia dan bal bla bla (aku gak tau, Intan yang sms-in ke panitia) baru deh nanti ada waktunya buat tanggal penukaran tiket di tempat tertentu. Buat yang berdomisil di Kota Serang. Tempatnya nah itu, di MCD depan Careffour.

Aku kesana bertiga, lalu masuk ke MCD. Nyari kakak-kakak UDO sedikit kesulitan, udah kayak orang yang nyari barang hilang gitu deh hahah. Mas-mas MCD itu sampe liatin kita >,< Ah memalukan. Tapi akhirnya ketemu kok. Kita bayar dan di kasih tiketnya. Kurang lebih. Intan pesen 10 tiket ^_^ titipan dari temen-temen lainnya. 

Gak lupa juga kakak-kakak itu nawarin kita pin UDO. Lucu-lucu sih, aku beli 2 dan Intan juga beli 2 deh. Harganya 2 = Rp.5ribu. Murah meriah. Sampai di tempat parkiran, kita membahas suatu hal yang sedikit memalukan tadi, "Aaaah... Kirain kakak UDO itu pake jas hijau tua gitu. Jas almamater ITB. Kan biar gampang nyarinya ya?" Yang di iya-kan oleh kita semua. 

HARI H
Menjelang hari H. Kita kocar-kacir sibuk mikirin 'Mau naik apa kesananya?' berhubungan dengan tempatnya jauh. Di Tangerang. BSD. Gedung Puspitek. Sekitar 1 jam-an dari kota Serang. Dan itu juga kalau tidak ada hambatan -macet- 

Banyak anak kelas yang ikut kok. Hampir 60% ke atas kayaknya. Dan rata-rata mereka naik mobil sendiri-sendiri >,< Sedangkan yang aku dengar dari kakak panitia UDO waktu itu, waktu mereka Road Show. Kak Iqbal Fadilah. Yang alumni CJ juga. Yang kalo gak salah -jadi Mahasiswa ITB- yang berasal dari kelas IPA 1. Duh, aku pernah liat foto gede mereka waktu mading di kelasnya Kak Ardi. Yang sama-sama dari IPA 1 juga hahah. Katanya, CJ gak dapet jatah transportasi tahun ini. Tahun lalu sih, dapet. Aaaah sangat di sayangkan sekali lagi.

Alhamdullilah ada pemecahannya kok. Anak IPA 6. Yang namanya Fajar gitu, jadi koordinir untuk sewa bis. Anak IPA 8 dan sisanya IPS 6 gabung dengan mereka. Well, beda dengan anak IPA 2 yang katanya se-bis sama IPA 1. Yeah itu cuma denger-denger aja ya. Belum tentu benar. 

Kita pt-pt lagi dong buat bayar transportasi bis. Uang aku abis! Aaaah. Bener-bener gak boleh di sia-siakan di sana. Akhirnya kita fix mau berangkat jam berapa, lalu mau ngumpul dimana dll.

Minggu. 19 Januari 2014. Aku bangun jam 5 subuh. Masih gelap. Habis hujan semalem -sepertinya- aku langsung mandi dan sholat subuh dulu, lalu buru-buru bikin bekel roti dan minum buat sarapan di Bis-nya. Dan sms-in temen-temen, kepo dikit. Mereka udah mau otw. Aku langsung otw di anter sama mamah. Kemana? Kita ngumpul di stadion. Dan di sana udah rame dengan anak IPA 8 dan IPA 6, sebagian IPS 6. 

Aku gabung bareng mereka, gak lama kemudian temen-temen dari IPS 6 dateng. Bis masih belum tiba. Fajar coba telepon gitu, dia aja masih pake sendal jepit -kalo gak salah 'lagi' sih- dan bawa motor sendiri hahah~
Gak lama kemudian, bis dateng. Kita sempet heboh, ada dua bis yang dateng di waktu samaan. Yang satu kecil yang satu gede. Well, Iyang -Ilham Maulana- dan Fachmi ributin 'wei itu bus-nya dateng tuh' sambil nunjuk bis yang kecil. Sedangkan yang lain mah mengira, bis kita tuh yang gede. Wkwkwk pagi-pagi udah kocak aja >,<

Tadaaa... Kita menunggu semua anak dateng. Baru deh naik bis. Dan itu memakan waktu yang lama banget. Hampir 1 jam deh. Kita ngaret banget dari jadwal. Bahkan sebelum masuk tol Serang Timur, bis berhenti -lagi- buat nungguin salah satu anak cowo yang yah lupa namanya itu u,u
aaah mana pula sumpek, bau jeruk bekas penghuni bis sebelumnya, kebelet beser pula pfffft

Akhirnya sekitar pukul 07.00wib bis kita berangkat. Bis dengan corak gambar burung terbang desain warna orange melaju dengan kecepatan sedang yang bikin ngantuk berat. Alhamdullilah ^-^
Di tengah jalan, bis berhenti buat isi bensin dan anak-anak punya kesempatan untuk pipis. Anak cowo juga ikutan ternyata. Maklum, musim hujan. Pipis tak bisa di tunda-tunda *semacam slogan ya* ckck

Nyampe di gedung Puspitek dengan selamat sentosa, tak terasa lama di perjalanan. Karena kita sibuk ngerumpi dengan teman sebangkunya sambil liatin toko-toko di pinggir jalan atau kalau tidak ya tidur. Aku duduknya sama Intan. Berdua, padahal bangku-nya itu muat buat 3 orang hahah

Pukul 08.30wib kita masuk bareng-bareng ke gedung Puspitek. Gedung-nya gede, luas dan banyak ruang-ruang 'rahasia' gitu deh. Halamannya luas banget, sampe ada yang nge-twitt "Kira-kira puspitek ada kolam renangnya gak sih? Dimana ya?" pffft

Tiket udah di kumpulkan di salah satu orang yang telat tadi -temennya Fajar- Kita langsung bisa masuk deh :p Udah gitu kita di kasih buku kecil. Semacam buku Note gitu. Lumayan buat oleh-oleh. Dan astagfirullah. Tempat itu rame banget, saking ramenya. Kita sampe bingung mau ngapain >,<
Oleh-oleh UDO 14

Pertama, kita jalan aja luruuuus. Kayak ulat, baris-berbaris. Ngikutin yang lainnya. Desak-desakan. Lalu, kita langsung ke-stand di lantai dasar itu, gak tau sih stand apa aja. Bener-bener lupa hahah~ Seingatku ada IPB, Unpad, ITB, dll.

Kita berhenti di Unpad dan kepo-kepo ke kakaknya. Aku cuma menatap mereka semua dengan bingung. Berisik sekaligus pengap. Aaaah~ Jujur aja ya. Lebih kondusif saat acaranya BKUI sih. Kenapa? Karena ada bagiannya gitu. Terkoordinir dengan baik. Bahkan jenis tiket A1, A2, B1, B2 di bedakan. Nah, kalau UDO sepertinya tidak deh. Di situlah sisi kurangnya.

Kedua, kita berpisah dengan anak kelas lainnya. Aku masih dalam satu barisan ulat cewe-cewe IPS 6. Naik ke lantai selanjutnya. Lantai 2. Di sana ada banyak stand lain lagi. Undip, Untirta, Unila, terus apa lagi ya? Hm... lupa hahah. Yah banyak deh. Aku gak ke semua stand sih, aku cuma ke beberapa doang. Gak kuat kalau ke semua stand. Bisa-bisa besoknya gak berangkat ke sekolah deh.

Ketiga, kita berpisah lagi. Aku, Riri dan Dewi. Kita ke lantai selanjutnya. Tangganya kecil banget, imut-imut gitu deh. Hihiii lucu. Di lantai 3. Ada stand-nya UGM. Jas-nya warna abu-abu. Kita tanya sama kakak kacamata yang pipinya chubby. Banyak deh. Dan ternyata kakak itu dari fakultas FISIP ^-^

Gak lama, kita bertiga gantian tanya ke kakak Undip. Kakak itu juga nawarin kita 'ke Stand Undip aja de' yang kompak kita jawab 'Stand-nya dimana kak?' Nyari Stand Undip tuh paling susah  nih. Entah kenapa. Mungkin jauh dari peradaban kali ya haha
Amiiiin. Masuk Undip. Jadi mahasiswa di sana. Amiiin :')

Di Stand Undip kita ketemu temen-temen lainnya. Aku akhirnya juga ketemu Intan. Langsung aku serbu tuh Stand Undip yang nampaknya sepi. Yeay~ benar kan? Bukannya gak ada yang minat sih, cuma stand-nya jauh dari dunia sesak-sesak-an kekeke

Foto Fakultas FISIP di Stand Undip

Di sana, kita nulis harapan dan nempelin ke kertas di dinding -udah di siapkan sama mahasiswa Undip- Yang lain akhirnya ikut-ikutan. Hadeeeh -_- Siapa juga yang mau masuk Undip. Bahkan. Eka -salah satu temen aku- yang pengen banget masuk ITB SBM. Nulis-nya malah bertolak belakang "SBM ITB Amiiin!" gitu deh wkwkwk memalukan >,< Aaaah ini moment bener-bener deh.

Nih, Intan. Di Stand-nya Untirta
Harapan Nida :')
yang atas -> AS 


Gak lupa juga kita ke stand-nya Untirta. Nulis harapan lagi di sana. Aku cuma bisa menulis "Ilmu Komunikasi 2014! Amin!"


Undip

Keempat. Kita kompakkan buat ke Stand UI. Ternyata mahasiswa UI di luar semua. Kita turun ke lantai 1. Setelah kepo-kepo-an, modus-modus-an, dan bahkan desak-desak-an. Kita akhirnya menyerah.

Yeah~ kita sudah cukup kelelahan. Pada akhirnya kita berpisah lagi. Aku, Riri, Intan. Tebak kita mau kemana? Nyari makanan! Yang katanya ada 'food court' gitu deh. Ketemu juga akhirnya. Aku dan Intan beli nasi bento seharga 20ribu-an, sedangkan Riri bawa bekel. Kita makan bareng-bareng di sana. Duduk di salah satu kursi, menghabiskan waktu buat ngobrol. Tau-tau Riri galau akut, aku dan Intan menyimak kata-kata Riri daaaaan, tadaaa... Kita ketularan galau wkwk

Selesai makan dan puas nge-galau. Kita ke lantai tiga. Niatnya pengen pakai Lift saking pegelnya. Tapi gak boleh. Naik tangga lagi deh -.- Aku doang yang mau sholat dzuhur, yang lain cuma pengen beser. Yaudah deh aku sendirian. Penuh sesak, wudhu ngantri.

Tabak, ini dimana?
Selesai sholat. Aku kembali ke kamar mandi dan tak menemukan mereka di sana. Yang ada malah Mala, Dhea dan Dewi. Aku sms dan ternyata mereka ke kamar mandi di lantai dua. Cap cus ke sana.

Setelahnya kita kesana-kemari gak ada kerjaan. Yang bawa mobil mah enak ya... Bisa pulang, cape banget sih. Mikir keras lagi ; Tanya-tanya sama tetehnya udah, makan udah, nulis harapan udah. Mau ngapain lagi ya? Aaaah jadi pengen beli souvenir gitu deh. Sayangnya jarang yang jual. Ada sih, mahasiswa UGM jual stiker gitu. Tapi penuh banget stand-nya.

Rombongan bis aku, sayangnya. Fix ngumpul di tempat semula pukul 15.30wib. Jadi, kita mungkin akan pulang pukul 17.00wib. Biasaaa, ngaret. Akhirnya kita bertiga. Mirip trio anak hilang. Memutuskan buat masuk audiotorium puspitek. Kakak-kakak di sana mau presentasi Universitasnya masing-masing.

Kita duduk di bawah, saking gak kebagian tempat haha~ lumayan adem. Acaranya -> kayak presentasi, memperkenalkan Universitas. Fakultas di dalamnya, tips-tips, dan ada video cuplikan-nya, pengumuman pemenang lomba yang di selenggarakan UDO d.l.l.
Yeay seru. Terutama dari Undip. Mahasiswa Undip kocak banget keke

Aaaaah, Undip, UGM :')

Aaaah... Undip!
UGM...
Pukul 16.00wib trio anak hilang memutuskan untuk kembali ke bis. Gak bisa liat UI deh :o
Nyampe sana masih sepi. Cuma ada kita dan Fajar, Iyang dkk. Well, yang lain betah di puspitek nih sepertinya. Bukti : Jam 6 sore baru pulang >,< hahah~ Yeay nyesel gak foto-foto, nyesel gak liat presentasinya UI. aaaah~

Tralala, sebelum pulang. Anak-anak cewe (Eka, Dhea, Dimatus, Aku) sholat ashar dulu di gedung puspitek. Kali ini, naik pake lift. Karena acaranya udah selesai. Sudah detik-detik menjelang magrib lho. Turun pakai lift juga. Kita lari-lari, hampir ketinggalan bis. Tau-tau bis-nya masih nebeng dengan santai di dekat gerbang ._. Tau gitu, Nida foto-foto nih *Nyesel banget* Yang gak sholat mah sempet-sempetnya mejeng pffft


Agnes, Mala, Intan
Bye gedung puspitek. Tahun depan, aku mau dong jadi panitia-nya ^-^ Dan yeay doakan aku masuk Undip atau UGM yaaa. Amiiin :p Dan aku juga doakan kalian masuk Universitas pilihan. Amiiiin!

PULANG
Awalnya males buat menceritakan tentang hal ini. Akhirnya aku memutuskan menulisnya ^-^ Pulaaaang~ Cukup melelahkan di UDO. Tenaga sudah habis, bawaannya pengen ke kasur, peluk guling terus merem. Tapi ternyata perjalanan masih panjang. Sudah hampir magrib. Bis berhenti di tempat pom bensin yang ada masjidnya. Fajar nyeletuk "Kita sholat dulu teman-teman, pukul 18.30wib sudah di bus semua yaa" Karena masih jam 6an. Cewe-cewe IPS 6 memutuskan buat ke tempat makan terdekat, akhirnya kita memilih KFC yang jaraknya cukup memakan waktu 15 menit jika jalan kaki pelan-pelan. Akhirnya, kita makan-makan lagi deh haha. Kembali ke tempat bis berada, kita naik angkot ckck. Alhamdulillah masih keburu buat sholat magrib sebelum pukul 18.30wib. Masih sempetnya ke KFC yang jaraknya 'wah' Bener-bener deh, pengennya kita ke Mall-nya BSD juga, tapi kayaknya gak akan pernah terwujud :p

Di bis -> anak-anak heboh, IPA 8 vs IPS 6 paling heboh sendiri. Ngomongin macem-macem. Hingga akhirnya hening sendiri saking kelelahannya mereka ckck

Sampe Serang pukul 21.00wib ^-^ aku turun di depan Intermedia, syukurlah papah aku bersedia jemput. Aaaah lelah ya teman-teman.

Gak kebayang di UDO saat itu, pertama kali masuk. Rame. Sesak. Cuma bisa mikir "Ini dari Banten semua ya? Well, saingan gue nih. Gimana ya kalau se-Indonesia?" Aaaah jadi minder gitu deh.

Pengalaman seru-nya yaa ada di sesi kepo-kepo-an plus modus-modus-an. Sepanjang mengajukan pertanyaan, aku cuma tanya "Kak asal SMA mana? Jurusana apa?" hahah~ absurd. Menurut aku, info lainnya sih sudah bisa kita dapatkan dari sosmed, internet, blog atau bisa juga tanya kakak kelas sebelumnya yang kuliah di tempat atau kota yang sama. Misalnya : Jogja, aku bisa tanya sama kakak kelas yang kuliah di UNY di Jogjakarta itu. Tentang biaya hidup dan pergaulan di sana. Tergantung koneksi kamu aja sih. Untung aku ikut organisasi di SMA. Punya kenalan kakak kelas dong XD

Satu hal yang sangat sangat sangat di sayangkan. Kenapa gak ada yang jual souvenir? atau merchadise gitu? Aku pengen beli padahal. Atau aku gak liat dimana stand-nya kali ya? u,u bener-bener pengen beli nih :p Untung saja aku udah beli pin UDO14 kekeke

Tapi, jujur aja acara ini seru kok. Adek-adek Banten yang belum pernah dateng ke UDO. Yuk, ikutan tahun depan. Semoga di adakan lagi ya. Aku jadi panitianya, InsyaAllah. Haha~ well, acara ini bener-bener bisa di bilang sukses. Sukses buat kita galau juga. Sukses buat tambah pengalaman, sukses bikin siswa kelas 12 ngantuk di kelas ke esokan harinya, sukses bikin temen aku bahagia lahir batin, sukses bikin cewe-cewe latihan modus, sukses foto-foto gokil, sukses segalanya. Semoga aku bisa bilang 'sukses bikin kita masuk perguruan tinggi impian kita' amiiiin.

Do'akan Nida masuk Undip atau UGM ya teman-teman... Amiiin!
Sepertinya kita sudah lelah. Aku lelah dan kamu pasti lelah juga kalau tulisan ini kepanjangan. Sampai di sini dulu. Aku tutup dengan mengatakan kata penutup yang simple "Makasih" udah berkunjung ke blog aku.  Makasih banyak buat kakak panitia UDO, kakak Universitas yang sudah berpartisipasi. Makasih banyak kak buat hari itu ^-^

Selamat Malam, calon mahasiswa, calon kakak angkatan. Calon....


Salam, Annida Sholihah



"MARI KITA TANAMKAN MOTIVASI, WUJUDKAN MIMPI" 

1 comment:

  1. WOW just what I was searching for. Came here by searching for 1

    Here is my web site; seo - ,

    ReplyDelete

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.