Monday, January 13, 2014

SEORANG PEMIMPIN ITU...

Hadir kembali dalam sebuah ‘coretan’ kecil Annida Sholihah di tengah malam. Kamu tau apa itu pemimpin kan? Kamu sudah cukup umur untuk tau, dan bahkan anak SD juga sudah pasti tau. Karena ini tahun 2014. Bukan 1999 lagi, dimana teknologi sudah menguasai dunia. Siapa yang tak tau apa sih 'pemimpin' itu?

Di ruang lingkup keluarga kita, ayahlah sang pemimpin -kepala keluarga- mungkin bagi sebagian mereka yang tak punya ayah. Siapa-pun itu, mereka yang punya tanggung jawab adalah pemimpin. Begi pula dengan ketua kelompok, KM, di sekolah... mereka juga pemimpin. 

Pemimpin... Seberapa penting sih tugas mereka? Bagiku, secara pribadi. Itu penting. Tentu saja. Sulit untuk memegang tanggung jawab yang begitu besar. Tanggung jawab... ketika itu menjadi sebuah masalah, apa kamu tau? Bahwa lari adalah salah satu hal paling bodoh dan memalukan yang pernah dilakukan seorang pemimpin. 

Dalam sebuah situasi darurat, tidak seharusnya pemimpin itu membuat kesimpulan dan keputusan yang semena-mena. Contoh: Dengan pendapat dan selera pribadi, ego dan kemauan yang dipaksakan. Tanpa melihat hal-hal lain, pendapat orang lain, sisi positif dan negartif lainnya. 

Saat itulah, performa pemimpin akan turun, terutama di mata orang-orang yang kehilangan kepercayaannya kepada mereka. Orang-orang seperti itu, kenapa harus di percaya? Kenapa kita harus memilih orang-orang semacam itu? Pengecut! 

Seorang pemimpin tidak seharusnya menunjukkan sisi pengecut yang salah. Kita manusia, aku tau. Tapi... Itu sudah keterlaluan. Kalau anda itu pemimpin, kenapa harus berkata sebegitu sombongnya? Itu menusuk, untuk orang yang selalu mencoba memahami situasi. Di saat apapun. 

Di masa depan, perbaiki sikap anda. Silahkan. Ini mungkin agak terlalu jauh untuk mengatakan hal-hal yang tak sopan. Kalau kamu tau bahwa aku peduli dan yah kasihan. Dunia sudah berubah. Aku harap orang-orang seperti kau, calon pemimpin dan atau pemimpin masa ini dan masa depan. Mereka tau apa yang harus mereka lakukan. 


Dalam dunia jurnalistik, ada yang namanya kode etik. Aku berpikir, mungkin dalam menjadi seorang peminpin selalu punya syarat dan kriteria. Itu merupakan kode etik bagi calon pemimpin, yang sulit kita tulis dalam bentuk tulisan. 

Pemimpin itu, akan bertanggung jawab atas semua bentuk hal-hal yang terjadi di sekitarnya, akan membuat keputusan yang penting, membuat kesimpulan yang tak boleh salah, melindungi hal-hal yang harus di lindungi, menenggakkan hal-hal yang seharusnya berdiri di tempatnya, membantu dan menyelasaikan tugas-tugas yang sulit -yang di tugaskan kepadanya- Pemimpin berhak meminta bantuan, membuka kebebasan berpendapat, membuat peraturan, menghukum siapapun yang perlu di hukum dan sejenisnya. 

Itu... Hanya opiniku. Kubilang, dalam sebuat 'coretan' aku selalu beropini sok tau. Dan yah. Apakah menurutmu ini di tulis tanpa dasar pengamatan dan pengalaman? Aku sungguh ingin jujur. Aku kecewa. Untuk beberapa pemimpin yang tidak bisa memikul tanggung jawabnya dengan benar. 

Salam. Annida Sholihah


No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.