Thursday, August 1, 2013

BAKSOS WITH PMR

Hari H!!!! 

Saat itu tanggal 29 Juli 2013. Hari senin. Aku udah mikir "pasti sibuk." Kalo di liat dari barang bawaan aku saat itu, dua tas teman-teman! bayangin aja. Bulan ramadhan, pulang cepet gak nyampe adzan dzuhur udah di rumah, gak ada guru *iyaa gurunya pada worskop kurikulum baru dari kemaren* Muridnya di kasih segunung tugas yang menyesakkan rongga pernafasan >___< gak ada upacara, buku paket belum beli. Ngapain bawa dua tas? walaupun salah satu tas-nya merupakan tas jinjing. Tetap aja, aku yang paling aneh saat datang ke sekolah pagi-pagi dengan dua tas. 

Sampai di kelas, temen aku kepo-kepo dikit nanyain "Nid, mau pindahan tah? bawa dua tas segala?" aku cuma bisa senyum kecut sambil mendelik ke arahnya hehe, tapi udahlah. Aku lagi puasa, gak boleh sok marahan *peace*

Hari itu tuh aku ada acara, acara bersama anak-anak eskul PMR di sekolah aku. Selain buka bersama yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi dengan angkatan sebelumnya maupun alumni PMR yang lama. Kita juga berniat mengadakan kegiatan baksos di bulan Ramadhan. Itung-itung berkah dan nambah pahala:')
Nah, teman-teman. Karena ceritanya panjang. Aku buat edisi "Baksos" dan "Bukber" nya di pisah-pisah aja yaa Haha *mereka bukan suami istri, di pisah-pisah gak masalah kok*

Karena hal pertama yang terbilang 'selesai' duluan yaitu kegiatan baksos. Maka mau gak mau aku post tentang baksos dulu dongs.

Baksos singkatan dari??? udah pada tau-lah kalian. Masa sih gak tau u,u 
Baksos = bakti sosial. Kegiatan beramal gitu deh dengan orang-orang yang gak mampu. Ini bukan pertama kalinya aku ikutan kegiatan baksos. Aku selalu rajin ikut baksos kok, iya rajin banget. Tapi hanya sekadar menyumbang uang ke orang-orang yang dateng di kelas dan berkata "Assallamualaikum, kita dari rohis atau osis blablablabla akan mengadakan kegiatan baksos ke blablabla, jadi di mohon partisipasinya blablabla dan blablabla" terus orang itu muter-muter seisi kelas sambil bawa tempat kotak-kotak kayak di masjid, mereka kayak mau minta sumbangan gitu deh. Dan per-orang ngasih palingan seribu duaribu heheh~ gak ada yang lebih. Borooos! tiap hari dateng :( Haha, masih Alhamdullilah bulan puasa, jadi gak jajan:D

Tapi kali ini beda. Kali inilah, aku yang jadi 'mereka' kalau tadi bisa di katakan aku terlibat secara tak langsung, tapi di sini. Aku akan terlibat secara langsung, atau bahkan aku yang jadi ketua pelakasana *bangga* Aku yang bertanggung jawab untuk kelancaran dan keberhasilan terlaksananya kegiatan ini. 

Tugas ini sengaja di bebankan buat aku, selain karena aku adalah koordinator Unit Bakti Masyarakat di PMR. Aku sendiri juga yang paling tua di unit Bakmas :( Yaelah nasib anak kelas XII nih :o
Pada akhirnya, aku memutuskan untuk bekerja sama dengan Unit Persahabatan untuk mengatasi pertanyaaan 'kapan kita adain baksos-nya, dimana kegiatannya, dana-nya darimana? dll' Dan juga aku banyak di bantu Ibu pembina. Ibu Siti Khodijah. Aku bersyukur banget. Banyak pihak yang membantu walaupun bener-bener cape :') 

Sebenernya, kegiatan ini udah jadi kegiatan rutin buat kita. Eskul PMR. Sama seperti kegiatan buka bersama. Tapi, tahun lalu. Baksos gak bisa terlaksana karena suatu kendala. Maka dari itulah aku bener-bener berniat banget dan berharap acara ini sukses. Ini jadi suatu tantangan tersendiri buat aku. 

12.00wib
Hari itu, pulang sekolah. Aku janjian dengan sahabat aku buat langsung ke rumah Ibu Siti. Tas aku penuh sesak sama baju ganti. Celana Jins, kaos, kerudung segitiga, handuk kecil dll. 
Aku langsung ke kelas Nisa saat bel pulang. Kelas kita beda sih :( dulu mah iya kita sekelas, sekarang engga. Aku tungguin Nisa di luar kelasnya. Aku juga ketemu Aini. Si ketua pelaksana bukber. Kita bertiga ngumpul dan ributin masalah bukber dan juga baksos. Untuk masalah baksos aku tanya pendapat Aini soal dana baksos yang masih tersisa. 

"Nid, mending beli roti dan teh botol aja" awalnya aku gak ngeh sama pendapat Aini, abisnya itu buang-buang waktu. Masak dan bikin minuman es-nya di rumah bu Siti aja belum tuntas, nge-bungkusinnya juga belum lagi :o 

Intinya sih, dari hasil rapat-rapat sebelumnya. Kita sepakat, untuk baksos. Tahun ini kita buat takjil dan bagi-bagiin ke orang-orang gak mampu di pinggir jalan. Untuk itulah aku konsultasi sama bu Siti soal takjil yang murah meriah dan enak. Alhamdullilah bu Siti punya kenalan, jadi aku pesen 50 biji kue ke kenalan bu Siti itu hahaha. Untuk minumannya kita buat sendiri. Aku namain 'Manisan Rumput Laut Merah" ckckck karena warnanya merah dan rasanya manis banget :p

Selesai debat, Aini akhirnya pulang sama Deby. Katanya dia mau ke rumah bu Siti jam 1an :o ya terserahlah. Aku sama Nisa mau kumpul eskul mading dulu.__. baru deh langsung ke rumah bu Siti. Kalau aja rumah kita gak jauh, pasti kita pulang dulu dan gak perlu bawa barang berat-berat gini.

13.30wib
Kita berdua selesai mading. Langsung pamit pulang sama Aziza dan anak-anak mading lain. Terus kita ke masjid buat sholat dzuhur, abis itu aku minta Nisa anterin ke tempat fotocopy di sebelah sekolah buat nge-print kata-kata yang nanti mau aku masukin ke dalem makanannya gitu deh *jangan pikir macem-macem ya, bukan buat di makan kok*  Muehehe
Gara-gara aku gak bawa data-nya yang udah aku buat di rumah, alhasil aku bikin lagi deh di sana.___.
lamaaa banget buat kata-katanya, sampe kesel. Udah gitu di tinggal sama bapak-bapak pemilik fotocopy-nya lagi hadeeeh. 

14.00wib
Hampir jam 2an lebih, kita otw ke rumah bu Siti naek angkot. Saat di angkot. Udah ujan di daerah karundang, tapi kecil sih. Nyampe di kebon *perempatan* hujannya berhenti. Beda daerah kali ya? tau deh aneh Hmhmm. Kita naek angkot dua kali, gak ada yang satu jurusan dari sekolah ke rumah bu Siti :( Nyampe di depan komplek bukit permai hujan lagi, gede banget. Kita lari-lari kehujanan. Karena aku gak tahan plus barang bawaan berat. Aku teriakin aja Nisa yang jalan di depan "Nis, neduh dulu sih di masjid" ckckck~
Kita akhirnya neduh, udah kayak orang pacaran aja berduaan di masjid *ups* Duduk deket-deketan lalalala~ Aku langsung sms-in Aini minta tolong jemput kita pake payung. Asyik Aini baik mau jemput. Tumben banget sih Ai ckckck :p

Sampe di rumah bu Siti, udah ada beberapa anak PMR kelas XI. Deda, Amel, Annisa Puss. Dan Wima untuk anak kelas XII-nya lagi pada sibuk sama makanan. Aku dan Nisa langsung ke salah satu kamar di rumah bu Siti buat ganti baju :') Baju seragamnya udah basah begini gak enak di pake. Nanti masuk angin. Abis itu rencananya aku sama Nisa mau beli teh botol dan roti buat ngabisin sisa uang baksos. Tapi keselnya pas udah mau siap-siap dan minjem motornya Deda. Eh bu Siti nyeletuk "Sama Aini aja, Aini yang lebih tau. Sekalian ngambil es di rumah Aini juga" Yah, ga jadi pergi sama Nisa :(

Nisa dan Aku selesai ganti baju at Rumah Bu Siti
masih sempetnya foto-fotoan ckck~

15.00wib
Sekitar jam 3an. Aku ngebut naek motornya Deda ke Royal. Di sana udah macet total! Aku langsung aja cari tempat parkir dan ke toko Aneka Swalayan. Kita beli plastik yang harganya Rp.7ribu. Nyampe luar, kita beli teh botol sostro hemat yang se-tas isinya 4 harganya Rp.10ribu. Kita langsung aja beli 5 tas. Berat banget! Selesai dari itu, kita muter-muter royal dengan 5 tas teh botol di tangan, cari roti yang harganya gak lebih dari 3ribu. Tapi gak dapet, tangan udah pegel-pegel gitu bawa teh botol. Udah muter-muter selurah royal gak ada toko roti.___. akhirnya kita memutuskan buat ke rumah bu Siti aja dulu naruh teh, baru deh ngambil es di rumah Aini. Di tengah jalan Aini minta aku berhenti waktu liat ada yang jualan es kelapa. Katanya sih mau beli kelapanya aja buat bikin es kuwut gitu deh. Karena lama, kita pesen dulu baru nanti di ambil. 

Teh Botol yang aku dan Aini beli di Royal :')

16.00wib
Aku kembali ngebut ke rumah bu Siti. Aini buru-buru taruh kantong belanjaan. Dan langsung naek motor lagi menuju ke kebon. Rumah Aini. Di sana, baru juga jam 4 sore, udah macet banget. Untung aja aku naek motor. Aku kesulitan lagi, si Aininya berat sih ckckck~ Aku nyelap-nyelipin nih motor lewat celah yang tersisa. Karena kita harus berpacu dengan waktu, gak ada waktu lagi. Aku harus ngurusin baksos :( 

Alhamdullilah, kita bisa ngambil es di rumah Aini tepat waktu dan kembali tepat waktu juga. Ohiyaa di jalan, kita mampir dulu ke alfamidi buat beli sari roti yang Rp3ribuan. Dan gak lupa juga ngambil es kelapa pesanan yang tadi :D


Alfamidi nih begini. Udah pernah masuk belum?

Takjil Teh Botol dan Roti
17.00wib
Udah jam 5 sore, aku langsung teriak sana-sini ke adik-adik kelas buat bantuin ngebungkusin takjil dan minumannya ke plastik .___. Selesai di bungkus semua. Totalnya ada 65an bungkus :D 
langsung deh aku buat tiga kloter yang bertugas bagiin takjil ke jalanan. 
Kloter satu, Jellin sama Kaisar.
Kloter dua, Ida sama Miki.
Kloter tiga, aku dan anak kelas X. Namanya Sardah, sengaja aku ajak anak kelas X biar tau dan dapet pengalamannya ckckck. Kita semua naek motor berpencar ke segala arah. 
Lagi pada bantu-bantu bungkusin Takjil nih.
Sederhana tapi nikmat :D
Saat aku kasihin takjil ke orang yang gak mampu satu persatu. Rasanya ada kedamaian di hati. Entah itu perasaan apa, sama seperti saat aku berhasil menolong orang yang sakit di PMR. Aku selalu senang membantu orang. Itulah alasan kenapa aku bergabung dengan PMR :'D

"Pak, ini ada sedikit takjil dari kita. Maaf sederhana" 
Cuma bilang begitu sudah cukup. Aku gak tau kloter satu dan dua berpencar kemana. Tapi yang jelas aku dan Sardah membagi-bagikannya ke mamang-mamang jepitan, baso, penjahit yang di jalan. Mamang becak, ojek dan juga anak-anak gak mampu lainnya. 

Mamang becak pertama penerima Takjil nih
18.00wib
Selesai bagiin takjil sama Sardah, masih ada sisa takjil lain yang belum di bagiin. Adzan magrib hampir aja berkumandang. Daripada mubazir. Aku memilih buat terjun lagi ke jalanan bagi-bagi takjilnya. Aku minta tolong Nisa San buat bantuin aku, alhamdulillah dia mau bantuin juga ({}) Kita langsung ke lampu merah kebon. Ngasihin ke orang-orang, daan di bales.
"Makasih banyak"  sambil senyum gitu orangnya haha
Sempat sial juga sih kita berdua. Pertama, kamera HP-nya rusak, kedua udah adzan magrib di jalan. Masih untung kita bawa minum. Ketiga kunci motor hilang! ini yang bikin panik setengah mati. Udah gelap banget saat itu. Tapi untung aja mamang becaknya bantuin nyari dan juga ketemu. Astagfirullah :"( Akhirnya kita kembali ke rumah Bu Siti. Di sana belum di mulai acara makan-makannya. Kata Bu Siti sholat magrib dulu.
Yaudah deh. Kita berlanjut ke post selanjutnya yaa. Edisi "Bukber With PMR" 

Foto-foto dulu aah sebelum pulang ke rumah Bu Siti
Mamangnya gaul juga minta fotoin Hihii

Semoga post kali ini dapat menginspirasi buat kalian ya. Ini cuma sekedar pengalaman aku aja kok. Tapi jujur, banyak hikmahnya yang dapat kita ambil kalau kita mau meresapi cerita ini *ceile sok bijak Nidaa*
Tapi memang benar kok. Perlahan-lahan aku belajar untuk menjadi orang yang tulus. Aku belajar bahwa di dunia ini gak pernah ada yang sempurna. Aku belajar buat bersyukur karena aku hidup di keluarga yang berkecukupan. Aku belajar buat memahami bahwa hidup itu gak tentang kerja keras dan sukses aja. Aku belajar banyak hal hari itu. Semoga apa yang kita lakukan dalam kegiatan 29 Juli lalu, dapat memberi manfaat buat semuanya. Termasuk pelajaran dan pengalaman berharga untuk kita :'D

Makasih udah mau nyempetin baca blog aku teman-teman. Jangan lupa ya kunjungi link: http://www.burufly.com/ dan "VOTE" tulisan aku di sana. Kalian yang punya blog juga boleh ikutan (Kalo masih belum telat waktunya) Baca persyaratannya di sana juga ada Heheh~

Wassalam :D

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.