Saturday, December 14, 2013

UAS TERAKHIR USAI

Fiyuh... Saatnya teriak "Alhamdullilah!!!"

Kenapa penting sih? Penting dong, terutama buat kelas XII. Masa-masa yang cuma terjadi satu kali aja dalam hidupmu keke. 

Well, karena ini adalah UAS semester terakhir. Tiada lagi yang namanya semester 6. UAS yang kita jalani sebagai evaluasi kerja pikiran kita selama 6 bulan (kurang-lebih) UAS yang cuma 6 hari. Senin-Sabtu berujung pada detik-detik penentuan masa depan.

Masa depan? Iyaaa. Masa aku harus bilang 'masa lalu'? Masa depan apanya? 
Ayo kita pikirkan. Selama hampir 2.5 tahun kita belajar di sekolah (SMA) apa yang kita dapet? Cuma sepele. Kita berjuang demi angka!!! Angka di buku laporan akhir belajar. Cuma itu? Aku pikir... Yap!

Apa yang spesial dengan angka itu sih? Buat kamu yang sadar dan sekolah di tempat elit (bacaan: banyak orang pintarnya) pasti tau dan sadar dirilah. 
Nilai besar itu segalanya. Nilai besar itu anugrah dan mukjizat. Nilai nilai oh nilai...
Apa pentingnya nilai? Sebenarnya itu sama sekali gak penting. Lihat ke awal. Lihat ke alasanmu masuk sekolah. Sekolah yang terbaik. Bersaing dan berkompetensi. Tapi, sudah kubilang. Dunia tak pernah baik. Kapan dunia itu berpihak pada kita? Kapan? Yang ada, cobalah buat dunia itu berpihak pada kita. Apapun caranya. 

Kenapa aku harus ribet ya? Aku cuma mau bilang "Itu curang" Simple kan?
Tapi curang dimananya? Maka dari itu. Yuk dengerin cerita UAS aku dulu ^_^

Senin, 9 Desember 2013
Ada tiga mata pelajaran yang di uji-kan. Ada yang nyeletuk "Wih gue serasa jadi anak kelas X lagi tau" Yeyeyelala~ bikin Nida sedih aja, mengingat ini merupakan UAS terakhir. 

Ceritain ruangan tempat aku UAS dulu ya. Aku kelas XII IPS 6. Dapet ruang paling akhir. Ruang 41. Di sana ada 6 murid kelas XII IPS 5 dan 14 murid XII IPS 6. 
Harusnya aku duduk di bangku pertama, baris kedua dari pintu. Karena ada anak ABK itu lho. Anak ABK yang pernah aku ceritain di postingan sebelumnya. Jadi deh dia penyelamat aku. Aku duduk di bangku kedua, baris kedua dari pintu. Yeay! 

Dan kejutannya adalaaaaah. Ternyata ruang 41 dapet di tempat mulmed saking gak ada kelasnya. Sekolah aku kan lagi di bangun. Karena ini UAS. 1 kelas harus 20 siswa. Gak boleh lebih .__. Mungkin itu sebabnya CJ kekurangan kelas.

Dan itu jadi keuntungan buat kami sendiri. Apa lagi kalau bukan karena itu mulmed. Ruangnya AC. Mejanya panjang. Muat untuk ber-4 satu meja. Aku yang duduk di bangku kedua dan kelas XII otomatis berada di tengah ckckck.

Dan samping aku adalah kelas XI IPA 7 ^_^

Nah, kembali ke topik. Pelajarn hari pertama yaitu:
Agama - Matematika - Sejarah. 
Orang-orang bilang sih UAS hari pertama tuh kejam banget. Gimana enggak sih. Sejarah bersanding sama Matematika? Yang benar aja pffffft

Pada akhirnya agama aku gak maksimal deh belajarnya haha. Aku fokus ke Matematika dan Sejarah yang materinya bejibun banget. Ujung-ujungnya yang keluar apa yang di baca apa. 

Kalau Agama setengahnya gak yakin. Matematika ckckck nyontek masal di akhir. Udah mana lagi, frontal banget "Eeeeeh nomer 2, 3, 4 apa sih?" Ngomongnya keras. Di depan pengawas pula. Aku lupa siapa pengawasnya. Tapi pengawasnya cuma bisa mendelik ke arah kita hadeeeeh ._. 

Dan sejarah? Semalem aku baca materi itu tuh bab berapa yaah lupa. Sambil ngantuk-ngantukkan dan bahkan sampe ketiduran dengan buku masih terbuka lebar. Alhamdullilah keluar. Di samping aku. Dhiya. Yang biasa di panggil Dhea. Tanya jawaban, eh malah "Itu bener gak jawabannya Nida?"  "Dari siapa?" pfffft >,< 

Pulangnya. Aku dan temen-temen mampir dulu ke kantor buat ngembaliin raport. 

Selasa, 10 Desember 2013
Hari kedua UAS. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Alhamdulilah yah, bahasa Indonesia bikin ngatuk ckckc. Tapi lumayan kok. Walaupun ujung-ujungnya nguap dan kesalahan besar karena keliru menjawab bisa aja terjadi. Bisaaaaa. 

Kalau Ekonomi gimana? Jangan tanya sama aku gimana deh. Suram. 
Nilai akhir dan keberhasilan murid itu tergantung sama guru lho. Bukan cuma karena diri sendiri aja. Entah siapa yang bikin soal Ekonomi. Susahnya asdfgh.

Di bagian akhir soal, ada pelajaran bab akhir yang sama sekali belum di ajarkan. Bayangkan!! aku cuma lemes dan ngeles doang di saat itu. Udah mendekati waktu akhir. Aku belum aja ngumpulin. Aaaaah tanya ke temen? Siapa yang mau di tanyain? Pelit hueks LoL
Maka dari itulah, aku ngasal-ngasalan :( Aku cuma bisa sedih meratapi nilai aku yang jelek pastinya. Tapi semoga aja di raport meningkat. Bukannya turun. Masalahnya di kelas XI bu Cicih terlalu baik banget. Nilai Ekonomi aku 91. Kalau turun? Apa yang terjadi??????? 

Rabu, 11 Desember 2013
Tibalah hari ketigaaaaa. Mata pelajaran hari itu 1. PKN, 2. Sosiologi
Hari ini yang paling nyesek dari semua hari. Nyeseknya sampe ke ubun-ubun. Alasannya se-kolam renang. Pertama karena soalnya susah minta ampun. Padahal waktu kelas XI soal pelajaran ini gampang banget. Entah karena aku yang belum maksimal belajar atau karena karma gara-gara kebanyakan nonton film di laptop waktu gurunya gak ada atau karena kesalahan mengajar guru atau karena kurikulum 2013 yang emang labil dan susah di mengerti? Karena yang mana sih? Aaaaah~

PKN yaelah, di saat akhir cuma bisa melongo karena anak-anak yang lain cepet banget selesainya. Begitu pula dengan saat pelajaran Sosiologi. Tau kenapa?

Baru deh saat di angkot, aku menyimak obrolan temen sekelas aku yang tak perlu di sebutkan namanya. Dan dia bilang, bahwa ada KJ. Apa itu? KJ = Kunci Jawaban!!!! Astagfirullah yah. Masih aja ada KJ. Dan nyeseknya, KJ itu benar teman-teman. Pantesan mereka keluarnya cepet pfffffffft 

Curang tuh kan. Curang sekali >,< 

Kamis, 12 Desember 2013
Hari ke-empat di awali dengan pelajaran Bahasa Inggris. Aku tau, ada KJ lagi. Ada. Darimana sih tuh KJ? dan katanya benar? Aaaah sungguh terlalu ckckck

Soal Bahasa Inggris panjang-panjang kayak novel. Bukan ngantuk lagi namanya. Tapi puyeng rungsing plus tambahin mual. Istirahaaaaat dimulai~

Ke kamar mandi, sendirian. Abis itu kembali ke ruang mulmed lagi. Belajar pelajaran selanjutnya. Gamau kejadian kayak kemarin terualang lagi. Tapi yang sabar aja sih. Temen-temen sekelas ribut. Ada Andi dan Frida. Itu lho. Anak ABK itu. Heboh aja mereka nih pffft. 

Aku gak bisa fokus, gagal lagi belajarnya ckck

Lanjut ke Geografi. Lumayan yah. Gak menyakinkan mengerjakannya. Butuh tambahan waktu buat mengoreksi, butuh juga jawaban pasti. Karena ada dua kemungkinan. Tapi, doakan nilai Nida meningkat ya. Amin! XD

Jum'at, 13 Desember 2013
Hari kelima. Gak ada yang spesial dari mata pelajaran hari ini. Belajar juga percuma. Udah kebal sih. Dari kelas X selalu bernasib sama kalau udah ngomongin pelajaran ini :o 

Apa sih? Pelajaran apa? Itu tuh TIK sama Penjas. Mungkin TIK masih bisa di akalin kali ya. Seperti yang di katakan oleh pak Fikri "Belajar TIK tak perlu repot-repot. Cukup kamu belajar bahasa Inggrisnya aja dulu"  Well, sebenarnya 'betul' juga sih. Pikirkan aja sendiri keke

Aku belajar dari LKS untuk TIK. Kalau Penjas juga sama, cuma gak serius gitu deh. Pagi-pagi, Aziz duduk di samping aku yang lagi baca dan nyeletuk "Belajar TIK dari LKS mah percuma, gak ada yang keluar. Logika kita aja" 

Aku cuma bisa menatap dia tanpa ekspresi. Bikin mood tambah ancur aja. Karena dia pinter TIK aku bilang aja "Ajiiiiizzz jangan pelit ya" wkwk. Aziz-nya malah ngomongin bla bla bla >,< 

Tiba-tiba aja Eris heboh sendiri di bangku paling belakang. Ngapain? Ternyata ada KJ lagi!!! Arton yang tengah sibuk bergossip masalah di twitter dengan teman lain ikut teralihkan perhatiannya. Mereka akhirnya mencatat KJ di kertas kecil. Aziz di samping aku juga meminta aku buat ikutan nyatet aja tuh kalau gak bisa. 

Aku tertarik. Tapi??? Aaaah gak mau pakai KJ ga mauuuu. Dhea minta kertas ke aku, akihirnya aku luluh juga dan nyatet tuh KJ di kertas. Buat jaga-jaga kalau 'mentok' wkwk

Please deh aku gak pernah dapet KJ. Gak pernah :( Merasa bersalah banget. Biasanya aku nyontek. Bukan pake KJ pffffft

Saat ujian berlangsung... Duar duar. Aku mengerjakan dari nomer 1-10, berlanjut ke nomer 11-20. Yang susah di lewati dulu. Abis itu kerjakan sampe akhir. 50 :50 ternyata. Setengah di isi. Setengahnya belum. Aku cocokin sama KJ. Dan hasilnya??? Bikin jantungan aja deh XD 

Bener semua ckckck. KJ sama jawaban yang aku jawab sama persis LoL
Masih penasaran nih KJ dapet darimana sih. 

Pelajaran Penjas juga sama, waktu istirahat Ajud main ke ruang 41. Dia kan namanya di akhir jadi kebagian ruang 43. Tiba-tiba ada yang bilang "Jud, KJ sih KJ" dia kan anak basket, temennya banyak lagi. 
Akhirnya.... Dapet. Aku ikutan (lagi) wkwk. Tuhkan jadi kebiasaan Nida >,< 

Dan KJ-nya benar (lagi) aaaah, semakin penasaran. Dunia kejam ya. Kasian yang udah belajar mati-matian. Gak adil bro~ Untuk Penjas dan TIK. Karena TIK gurunya GJ dan bukan tentang MS.Word lagi, tapi tentang CorelDraw. Akhirnya aku pasrah ajadeh. 

Sabtu, 14 Desember 2013
Hari terakhir.... Syedih sih. Tapi bersyukur. 

UAS sudah mau berakhir? Aaaah gak nyangka waktu cepat berlalu.
Ada suka dukanya. UAS bisa pulang cepet, menghemat uang jajan, di rumah bisa tidur siang, menghemat barang bawaan, udah gitu bisa ngilangin jenuh. Yah nanonanolah.
Pelajarannya simple. Cuma Bahasa Arab sama PLH. Simple tapi sulit.
Bahasa Arab, sebelumnya aku udah sms Nisa. Katanya dia gak bisa janji. Karena duduk di depan. Biasanya aku di kirimin jawaban dari no 1-akhir dari dia. Ehtapi? Yaaaaah. Cuma bisa menghela nafas aja. 

Terus Nisa juga nyeletuk lewat sms "Nid. Temen-temen Nisaq nyebarinnya lewat LINE. Bukan sms lagi" Yah~ berita buruk banget sih. 

Pagi-pagi. Mungkin karena efek hujan. Aku berangkat telat. Sebelumnya aku liat kucing hitam dulu. Yang kata Nisa san kucing hitam tuh pertanda sial (?) Hah? >,< 

Sampe sekolah bener-bener telat. Udah ada pengawasnya. Bu Fitri, guru agama kelas X. Aaaah. Udah mulai doa. Aku langsung duduk. Masih gak beraturan nafasnya. Abis lari sih ._. 
Di bagiin soal. Liat soalnya aja udah mau muntah ckck. Aku kerjain sebisanya dulu aja. Cuma bisa ngerjain 5-7 nomer. Dan itu juga gak yakin wkwk 

Aku sms ke Nisa dll. Gak ada yang bales. Aku sms ke Intan. Malah balik tanya pfffft. Baru deh aku nyontek ke Arton di belakang aku. Bukan maksud curang ya. Bahasa Arab emang begini. Yang lain ribut. Tapi bu Fitri kalem aja tuh. Bu Fitri tanya "Soalnya susah ya?"

Bukan susah sih bu, tapi gak tau artinya wkwk
Aku langsung aja panik karena baru ke isi beberapa doang. Dapet sms dari Nisa. Dan alhamdulilah lumayan. Sebelumnya aku liat cuma 1-19 doang. Aku udah kenal Nisa banget jadi tau dia pasti sms tanpa nomer urut udah hafal itu nomer berapa. Buat jaga-jaga aku tanya itu nomer berapa aja? Di bales "1-19" Dan tebakan aku benar. Fiuuuuh masalah selesai !!! XD 

Bisa bernafas lega saat keluar dari tuh ruangan kekeke ^_^ 

Pulangnya aku mampir dulu ke kamar mandi. Baru deh ke UKS. Udah ada Aini, terus datanglah Wima dan temennya. Baru deh rame-reme sama anak yang lain. Lalu Bu Siti dateng. Gak lama kemudian ada Nisa San. Yap. Sebenarnya kita punya rencana hari itu. Tapi di ceritakan dalam postingan terpisah ya teman-teman. 


Selamat Malam!!! :^)



No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.