Tuesday, July 30, 2013

SUKA DUKA SHOLAT TARAWEH

Ini bulan Ramadhan, bulan Ramadhan identik dengan banyak ibadah. Salah satunya ya sholat malam. Apa lagi kalau bukan yang namanya sholat taraweh? well, walaupun hari ini aku gak taraweh. Tapi aku rajin taraweh di masjid dong :p Haha *sok bangga.


Aku pengen banget ngebahas suka duka taraweh di masjid dalam psotingan kali ini nih. Dan pengalaman ini aku dapet dari 'kebiasaan' sholat taraweh di masjid Baitul Iman Ciceri Permai Serang Banten :"D

SUKA DUKA? apaan ya? tuh kan jadi bingung mau ngomong apa. ckckck

Pertama, ngeselinnya sholat taraweh di masjid adalah jumlah rakaat
Ada kan masjid yang mengadakan taraweh dengan jumlah rakaatnya 23 termasuk witir, ada juga yang 11 termasuk witir juga. Aku gak terlalu tau sih yang bagus mana, tapi Nabi Muhammad SAW sendiri kan gak pernah mewajibkan kita buat sholat banyak-banyak sampe nyiksa diri. 
23 rakaat udah termasuk cukup ya kan? *so tau. Alhamdulilah di masjid Ciceri rakaatnya cuma 11 hehe.
Huh? berapa rakaat sih di Masjid ini? 

Kedua adalah kultum
Kadang aku seneb banget, saking senebnya sampe pengen pulang aja baru deh abis kultumnya udahan ke masjid lagi buat ikut taraweh jamaah. Iya, karena rumah aku di samping masjid haha. Jadi fine-fine aja kalau mau pulang, tapi aku gak pernah ngelakuin itu kok. Malu-maluin. 
Kenapa seneb? 
Alasannya: Anak orang yang ribut a.k.a berisik. Ustad-nya ngomong apa gak kedengeran deh. 
Hoaam~ lama pula. Durasi kultum, 15 menit atau 10menit-lah. Namanya bukan kultum (kuliah tujuh menit) lagi itu .___. 
Kadang-kadang aku bawa HP ke masjid dan dimaenin pas bagian kultum ini nih. Haha, emang sih jahat banget aku :o kalau gak sms pasti apa lagi kalo bukan buka media sosial kayak twitter, facebook, dan LINE ckckck
Kalau kultumnya gini enak kali ya. 
Ini mah di tutup tirai, siapa yang ceramah siapa yang ngomong gak keliatan .__. 

Ketiga, Anak kecil! 
Ini yang paling ngeselin bin nyebelin bin ngebetein bin nyesekin bin bin bin lain lain haha. Aku sebenernya pengen teriak sama ibu-ibu yang bawa anak-anaknya ke masjid. Mereka tuh masih imut-imut, kayaknya umurnya sekitar 4, 5, 6, 7, 8 tahun deh. Dan mereka berisik ---> teriak-teriak gak jelas, kadang-kadang yang paling tua dari mereka sampe maenin petasan di belakang staf jamaah cewe atau bisa jadi di samping masjid. Kadang waktu imamnya lagi baca surat-surat saat sholat taraweh (Al Fatihah, dll) mereka ngomong suaranya kayak bom Hirosima *lebay. suara imamnya aja kalah kenceng dari suara mereka.
Aaaaa~ bikin batal aja sholatnya. Gara-gara konsentrasi kepecah.___. antara ngikutin bacaan imam dengan terbawa-bawa suara mereka yang "WOW." Pengen di timpuk peluk nih mereka ckckc~
Unyu-unyu ya anak-nya ckckc

Keempat, Imam muda vs imam tua
Haha, tapi jujur aja aku lebih suka sama imam yang udah tua. 
Karenaaaaaaaa imam yang udah tua sholatnya cepet. Secara sehabis Al-Fatihah bacaannya surat-surat pendek yang ada di juzz 'ama, yang sebagian besar dari kita sebagai umat islam udah hafal tuh sama surat:) 

Nah, kalau yang masih muda? Astagfirullah. Siap-siap tidur sambil berdiri deh. Ayat pertama sampe keberapa aku hafal tapi selanjutnyaaaaa.... Aaah~ imamnya hebat banget sih :) Aku cuma bisa diem sambil komat-kamit baca amin amin amin di dalam hati. HA!
Hey. Jangan tidur!!! haha

Kelima, Gak kebagian tempat
Ckckck bisa jadi yang masjidnya kecil ya. Yang masjidnya gede kayak masjid di Jakarta itu kan ya~ hem hem hem deh. Kalau masjid di Ciceri mah biasa-biasa aja. Standar rumahan. 

Biasanya sih 'gak kebagian tempat' itu bisa jadi di hari pertama doang, hari berikutnya dan berikutnya semakin menghilang aja jamaahnya :( Apalagi yang cewe. Ya namanya juga cewe, bisa jadi dia gak puasa besok karena sesuatu, hehe. Semakin medekati lebaran, ya semakin sepi, semakin kedepan-depan shaf-nya. Pada mudik kali ya.
Ramee gini. Aku sholat di 'genteng' aja deh :o


Keenam. Panas
Nah, ini nih yang jadi masalah utama buat aku, udah mah sholatnya lama, gak konsen gara-gara anak kecil di tambah panas plus plus bikin males :( 
Tapi tergantung kitanya sih, yang feelnya bagus buat milih tempat oke-oke aja. Yaitu: di deket kipas angin! Tempat favorit aku adalah di situ tuh XD


Baca do'a bukan baca lirik lagu lhoo. AWAS aja! 
kekeke~
Cihuuuy dingin, dia atas ada kipas angin!

Ketujuh, sendal menghilang
Pernah aku jadi korban beginian. Tau-tau sendal aku kecebur 'got' Astagfirullah. Ngeselin banget, gimana mau ngambilnya? 
Pernah juga sendal aku yang satunya ilang entah kemana. Pas semua jamaah udah pulang baru deh ketemu ---> nyempil-nyempilan ternyata, wkwkwk. Aduuh ada-ada aja deh .__. 

Kalau mau taraweh mendingan gak usah pake sendal yang bagus-bagus deh. Apalagi pake high heels ke masjid. Engga banget! keke
Tips yang bagus
Udah segitu aja dulu duka-nya. Kalau kebanyakan yeee gak ada hikmahnya nanti :o

Terus SUKA-nya apa? Apaan ya? hm....
Banyak banget lho, cuma malem ini aku gak mau cerita panjang lebar. Pegel "___"

Pertama, ada banyak hikmahnya. 
Baca aja di google banyak kok:p


Salah satunya yaa. Buat yang cowo nambah ganteng,
yang cewe makin cantik :"p
hahah~
Kedua, dapet pahala yang besar.  
Kan jamaah teman-teman. Lebih mulia jamaah dari pada sendirian, ya kan? :D

Tuh buktinya! Tuh baca! 
Perlu aku bikin banner sekalian gak nih?  hoho~

Ketiga, hati adem selesai sholat taraweh.  
Nyampe rumah hati adem ayem gitu. Merasa suci deh diri kita, XD

Hati adem juga liat gambar beginian fiuuuh :")

Keempat, dapet kenalan baru. 
Kalau aku kenalannya kebanyakan ibu-ibu kerena emang sebelahan sama ibu-ibu semua. Dan secara aku jarang keluar rumah. Kuper, pas sholat ketemu orangnya itu-itu aja, sebelahannya sama itu-itu aja. Abis sholat kan ada salam-salaman gitu. Ya itung-itung nambah pahala juga ningkatan jiwa sosial gitu biar di kenal gitu maksudnya *aaah tau deh, ngasal ngomong, haha.
Bisa jadi kenalan kamu sejenis mereka yaaaa. HAHA 

Kelima, gak punya utang sholat malam lagi. 
Pulang-pulang Free tinggal belajar, nonton TV, tidur, Internetan dll. Free gak usah mikirin "aah belum sholat isya dan witir. Jangan tidur dulu" padahal udah ngantuk banget. Bulan Ramdhan, abis sholat Tarawih mah mikirinnya "Aaaah sikat gigi dulu, jangan tiduuur sebelum sikatan." ckckck, beda tipis.



Nah, akhirnya bisa jawab "Saya udah dong!!!!" 
Alhamdulillah :) 

Keenam, sholat taraweh cuma bulan ramadhan doang
Masih alhamdullillah kita ketemu ramadhan tahun ini. Berharap aja semoga Allah.swt masih memberi kita kesempatan buat ikut ramadhan tahun depan. Amiiin. Jadi jangan sia-siakan hal-hal langka kayak gini deh teman-teman. Ayo sholat taraweh! ajak sahabat, adik, mamah, papah atau kakak kamu biar rame. Lama-lama sholat taraweh rasanya menyenangkan banget. Kita pasti bakal ngerasain kangen sholat taraweh bareng-bareng lagi:")
Yang penggemar Batman, merapat!
 Cuma di Bulan ramadhan Batman mau tobat:D

Ketujuh, sholat jamaah jadi lebih menyenangkan
Kenapa? gak tau kenapa, walaupun agak-agak berisik sama anak orang, tapi bagaimanapun juga buat aku sholat secara jamaah lebih enak daripada sendirian. Kita tinggal ngikutin aja. Kalau gak tau imamnya baca doa apa sehabis Al-Fatihan tinggal amin amin aja, haha. Masih lumayan dapet pahala. Pokoknya ada perbedaannya banget sholat jamaah dengan sendiri. So, biasakan sholat jamaah deh mulai dari sekarang. 
 

Kalo sholat sendirian nih,
banyak yang gangguin .___. 
BETEEEEE
Segitu aja deh. Salam Ramadhan. Wassalam:)


Bonus pic, nemu di google nih lumayan :D
I-U Pin jangan nakal ya
jangan berisik juga di masjid :o
*ala ibu-ibu galak*
Contoh ibu-ibu yang baik
ngajarin hal baik ke anaknya :')
*salut*
Ada juga cowo ganteng loh di masjid ckck

Dan jangan lupa sholat :)

1 comment:

  1. Lucu and keren bgttttt... Jadi keinget waktu masa remaja, belum ribet- ribetnya ma anak.. Sekarang klo berangkat bukannya taraweh malah yang ada ngawasin my baby yang super duper berisik n suka bgttt berlari- lari ria with teman- temannya... Kan g' enak juga klo ganggu jamaah lain.. Yaa itung- itung liburan... hehehe..

    Pokoknya keren dech, untuk postingannya..

    ReplyDelete

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.